6 Cara Mencuci dan Mengeringkan Bra Yang Benar

By Muti Siahaan, Selasa, 17 Oktober 2017 | 14:15 WIB
(pinterest) (Muti Siahaan)

Kualitas dan daya tahan sebuah pakaian sangat ditentukan dari cara kita mencuci dan mengeringkannya. Begitu juga dengan bra. Berbeda dengan baju atau jeans, ada cara yang khusus agar bra kita tahan lama dan tetap bagus. Ini cara mencuci dan mengerikan bra yang benar.

Berapa sering kita harus mencuci bra? Enggak ada patokan khusus tapi yang pasti enggak perlu kita mencuci bra setiap kali habis dipakai. Bra bisa dipakai sampai 2-3 kali baru kita cuci. Enggak perlu setiap hari kita ganti bra juga.  Kecuali saat itu kita sangat berkeringat dan bra mulai mengeluarkan bau enggak nyaman ,boleh dicuci.  Kalau kita seeringan mencuci daya tahan dan elastisitasnya akan cepat  berkurang.

Sebaiknya kita mencuci bra dengan tangan jangan menggunakan mesin cuci. Enggak perlu menggunakan deterjen dan kita rendam lama-lama seperti mencuci baju. Kita bisa menggunakan sabun mandi atau sampoo. Kucek perlahan dan setelah dibilas jadi diperas. Cukup kita kibas-kibas sedikit untuk mengeluarkan airnya.

Pemutih mengandung zat kimia yang sangat tajam dan bisa merusak kehalusan dan kelembutan bahan yang digunakan untuk bra kita. Walau pun bra kita berwarna putih tetap jangan pakai pemutih. Kucek saja berulang kalau bra putih kitaada nodanya. Kalau warnanya sudah mulai menguning, ini tandanya kita harus berganti bra.

(Baca juga: 9 Mitos Tentang Kanker Payudara yang Paling Sering Kita Dengar. Wajib Tahu!)

Bra bisa cepat kendor dan enggak enak dipakai kalau kita salah menjemurnya. Jangan menjemur dengan bagian talinya atau bagian pengaitnya karena ini membuat bra cepat berkurang elastisitasnya. Gantung menggunakan gantungan baju, dan posisinya pada bagian tengah cup bra seperti pada contoh gambar diatas.  Cara lain, kita bisa menggunakan penjepit dan jepit pada bagian cup-nya. Sebaiknya saat menjemur jangan terlalu dekat dengan matahari. Cari tempat yang agak berangin.

Jangan sekali-kali menyetrika bra kita. Panasnya setrikan membuat karet bra cepat melonggar. Jadi, pisahkan bra dengan pakaian yang lain dan biarkan kering alami.