6 Novel Remaja Tentang Adaptasi di Sekolah Baru yang Wajib Dibaca Karena Mirip Pengalaman Kita

By Ifnur Hikmah, Jumat, 2 Maret 2018 | 13:50 WIB
Anna and the French Kiss oleh Stephanie Perkins (Ifnur Hikmah)

Siapa yang suka deg-degan saat akan masuk sekolah baru? Masuk sekolah baru berarti masuk ke kehidupan baru, mengenal orang-orang baru, mengenal sistem baru yang enggak dikenal selama ini. Enggak heran jika kita deg-degan banget saat masuk sekolah baru.

Masa adaptasi di sekolah baru merupakan saat yang penting bagi kita sebagai tanda apakah akan survive di sekolah baru. Pengalaman ini enggak hanya kita rasakan di kehidupan nyata, tapi juga bisa kita lihat di film, drama, serial TV atau baca di novel.

Berikut 6 novel remaja tentang adaptasi di sekolah baru yang wajib dibaca karena mirip pengalaman kita. Klik di sini untuk melihat novel remaja bertema sekolah.

Di novel ini, kita diajak untuk mengikuti Anna yang pindah dari Amerika ke Paris. Meski bersekolah di sekolah internasional untuk anak-anak Amerika dengan siswa yang umumnya berasal dari Amerika, tetap saja Anna harus melewati masa-masa sulit saat beradaptasi di sekolah baru.

Apalagi di Paris dia tinggal sendiri. Anna sering merasa homesick dengan teman-teman lamanya yang dirasa semakin menjauh, termasuk pacarnya yang akhirnya diketahui selingkuh karena mereka LDR.

Beruntung Anna bertemu teman baru. Meski awalnya enggak pede dan memilih untuk menutup diri, akhirnya Anna mengalah. Bersama Etienne, Anna mulai menjelajah kota Paris dan beradaptasi di tempat baru. hingga akhirnya Anna merasa nyaman di sekolah dan kota barunya ini.

Cather dan Wren selalu bersama sejak kecil karena mereka anak kembar. Namun, ketika masuk kuliah, Wren memilih jurusan berbeda dari Cath. Mereka pun terpisah. Cath yang terbiasa bersama Wren jadi linglung. Terlebih ketika dia merasa ditinggalkan oleh Wren yang sibuk dengan kehidupan barunya sebagai mahasiswa.

Saking enggak pedenya, Cath memilih untuk memakan vitamin bar karena enggak mau makan di kantin. Beruntung ada teman sekamarnya, dan cowok bernama Levi, yang perlahan mengajak Cath untuk berani jalan sendiri, meski tanpa saudara kembarnya lagi.

Lucy bertemu Owen di lift apartemennya ketika New York mengalami pemadaman lampu total. Hidup mereka bertolak belakang. Lucy yang kaya tinggal di lantai 11 sedangkan Owen tinggal di basement, bersama ayahnya yang bekerja di apartemen tersebut. Di saat mereka mulai dekat, Lucy diajak pindah ke Irlandia oleh orangtuanya.