5 Cara Memencet Jerawat tapi Tetap Aman Dan Enggak Meninggalkan Bekas

By Muti Siahaan, Sabtu, 10 Maret 2018 | 00:00 WIB
womenshealth.gov (Muti Siahaan)

Seharusnya kita memang tidak boleh memencet jerawat karena akan meninggalkan bekas dan membuat wajah kita enggak mulus lagi.

Tapi, jujur, aja kalau jerawat sudah merah merakah dan seperti siap meletus, kita jadi enggak sabar lagi dan ingin memencetnya.

Dari pada salah memencet jerawat dan meninggalkan bekas,ada cara yang aman, lho. Yang penting jangan sering-sering, ya!

Ini dia  5 cara memencet jerawat tapi tetap aman dan enggak meninggalkan bekas.

(Baca juga: teryata ini penyebab kulit wajah jadi berminyak)

Sebelum memutuskan apakah kita mau memencet satu jerawat, kita harus lihat dulu kondisi jerawat itu. Kalau kita memencet jerawat yang masih baru tumbuh dan belum matang, malah akan menambah merah dan bengkak jerawat itu.

Ciri dari jerawat yang sudah matang adalah dia bentuknya sangat merah seperti tomat, kadang ada titik putih (whitehead) atau mata jerawat yang siap meletus.

Semakin banyak titik putih yang ada di jerawat, semakin matang jerawat itu. Nah jerawat seperti ini yang bisa kita pencet. 

Kalau masih jerawat baru tumbuh, sebaiknya kita gunakan saja krim anti jerawat. Dengan menggunakan krim anti jerawat jerawat kecil bisa lebih cepat kempes.

Sering kita memencet jerawat tanpa sadar dengan tangan yang kotor. Akibatnya jerawat makin infeksi dan bertambah jumlahnya karena berpindahnya bakteri dari tangan ke muka kita.