5 Alasan Menangis Enggak Berarti Kita Cewek Lemah

By Uswatun Khasanah, Rabu, 21 Maret 2018 | 01:00 WIB
Menangis Bisa Menurunkan Berat Badan? (Uswatun Khasanah)

Seringkali menangis disamakan dengan kelamahan, banyak orang yang enggak mau menangis karena nggak mau dianggap lemah. Padahal menangis enggak selalu menunjukkan bahwa kita adalah manusia lemah yang hanya bisa mengeluh saja.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat menangis, dalam hal mental hingga kesehatan diri sendiri. Yuk kita lihat 5 alasan menangis enggak berarti kita cewek lemah.

1. Membantu Orang Lain Untuk Merasa Nyaman Membuka Diri Kepada Kita

Jika kita pernah membiarkan orang lain melihat kita menangis, mereka jadi bisa melihat bagaimana kita memperlihatkan sisi kita yang sensitif kepada mereka. Melihat seseorang menangis menimbulkan rasa empati semua orang yang peduli kepada kita.

Mereka bisa merasakan hal yang kita rasakan dan membiarkan diri mereka menjadi sama rentannya dengan kita. Mengekspresikan kesedihan, secara enggak langsung juga dapat membantu orang lain mengekspresikan masalah mereka.

Kita semua sekali-kali butuh menangis, jadi jangan takut untuk menangis dan menunjukkan perasaan kita kepada orang orang yang kita cintai.

2. Menangis Karena Peduli dengan Situasi Orang Lain Itu Justru Membutuhkan Kekuatan

Hidup kadang kejam, dan jika kita bisa menempatkan diri kita pada posisi orang lain, dan merasakan kesedihannya, itu justru suatu hal yang luar biasa. Hak itu menandakan bahwa kamu cukup kuat untuk menjadi kuat bagi orang lain.

Kamu kuat sampai ke titik dimana kamu mengerti darimana mereka berasal dan bisa benar-benar berusaha merasakan apa yang mereka rasakan. Peduli sama orang lain itu adalah sikap yang sama sekali enggak lemah, hal itu justru menunjukkan bahwa kamu punya hati dan hati kamu bisa sakit karena kepedihan orang lain.

3. Baik Untuk Kesehatan Mental dan Fisik Kita

Menangis sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik kita. Saat kita menangis, kita mengeluarkan hormon tertentu yang membuat tubuh kita menjadi terasa lebih baik, dan menurunkan level mangan yang jika menumpuk akan menjadi merupakan sumber dari segala stres atau kegelisahan.

Biarkan tubuh kita mengeluarkan racun saat menangis.