12 Tipe Teman yang Enggak Baik Untuk Hidup Kita

By Uswatun Khasanah, Sabtu, 31 Maret 2018 | 14:15 WIB
Nayeon ‘Twice’ Dijuluki Sebagai ‘The Nation Best Friend’. Inilah 12 Idol yang Diketahui Bersahabat Dengannya (Uswatun Khasanah)

Meskipun kita disarankan untuk berteman dengan siapa saja, tapi diantaranya ada orang yang memang lebih baik dijauhi, girls.

Bukan karena mereka enggak asyik atau enggak punya banyak teman, tapi karena mereka enggak membuat kita menjadi orang yang lebih baik, tapi malah menjerumuskan dan merugikan kita.

Menurut sosiologis, Jan Yager, Ph. D., berteman dengan teman yang enggak baik bisa membuang buang waktu dan tenaga kita, merusak harga diri kita atau membahayakan kita.”

Menurutnya, ini adalah 12 tipe teman yang enggak baik untuk hidup kita.

Mereka selalu kritis terhadap semua hal yang kita katakan atau lakukan, dan sikap tersebut bisa menular.

Seandainya ada teman yang seperti ini tapi sebenarnya punya banyak kebaikan lain yang dimilikinya, abaikan saja komentar komentar kritisnya, atau kamu bisa bilang ke dia dengan bercanda, “coba kita lihat apakah kamu bisa bertahan selama satu jam tanpa mengatakan suatu hal yang negatif.”

Namun, kalau kita enggak bisa menahan diri lagi atau harga diri kita sudah terlalu disakiti oleh komentar negatifnya, kita bisa bicara lebih serius sama mereka kalau kita enggak suka sikap mereka yang seperti itu.

Semoga mereka bisa mengubah hal itu, tapi kalau memang enggak bisa, lebih baik mundur perlahan dari pertemanan kalian.

Kadang, enggak baik memberikan saran dengan terlalu berlebihan, terutama kepada teman teman kita.

Kalau ada teman kita yang bersikap seperti itu, tapi masih banyak hal lain dari mereka yang berpengaruh baik untuk kita, bicarakan ke mereka kalau kita akan menghargai jika mereka memberi saran hanya saat kita memintanya.