8 Kesalahan yang Sering Kita Lakukan Saat Menggosok Gigi

By Uswatun Khasanah, Sabtu, 11 November 2017 | 05:30 WIB
Yuk, mulai diperhatikan lagi! (Uswatun Khasanah)

Menggosok gigi kelihatannya sederhana, tapi sebenarnya harus dilakukan secara benar. Banyak hal yang selama ini kita pikir benar, ternyata enggak maksimal dalam membersihkan gigi kita. Yuk kita pelajari 8 kesalahan yang sering kita lakukan saat menggosok gigi ini.

Dibutuhkan waktu selama dua menit untuk membersihkan gigi, tapi banyak orang yang enggak mengikuti aturan ini. Kita bisa membagi daerah gigi kita menjadi empat bagian dan gosok masing masing bagian selama 30 detik, supaya kita tetap bisa membersihkan gigi kita secara menyeluruh dalam dua menit, dan mengurangi kebosanan karena bergerak dalam satu tempat besar saja. Kita juga bisa memainkan lagu yang panjangnya dua menit, supaya kita tahu kapan waktu yang tepat untuk selesai menggosok gigi.

Menggosok lidah bisa menjadi hal yang sulit, apalagi bagi orang yang memiliki lidah sensitif dan mudah geli. Namun, lidah kita sebenarnya adalah tempat dimana bakteri berkumpul. Bahkan, lapisan tipis dimana para mikro organisme, yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, berkumpul lho! Lapisan itu disebut microfilm. Jadi, jangan lupa menggosok lidah kita juga, karena dengan melakukan hal itu kita bisa mengurangi bau mulut hingga 70%!

Kita perlu untuk menggosok gigi dua kali sehari, dan menggosok gigi terlalu keras enggak akan membuat gigi kita lebih bersih dan lebih baik. Hal ini justru akan merusak lapisan gigi dan bisa bikin gusi kita berdarah! Lebih baik menggosok gigi dengan halus dan biarkan sikat gigi kita yang bekerja.

Sikat gigi dengan bulu yang kasar, bisa merusak lapisan gigi kita, meskipun terlihat seperti mereka bisa membersihkan gigi kita dengan lebih baik, mereka sebenarnya bisa mengikis dan membuat gigi kita menjadi lemah. Untuk mencegah hal ini, gunakan sikat gigi yang bertuliskan lembut atau ekstra lembut di bungkusnya.

(Baca juga: 5 Trik Mudah Biar Lipstik Enggak Lagi Menempel di Gigi Kita)

Orang orang biasanya suka melakukan rutinitas, bahkan tanpa kita sadari. Biasanya kita akan lebih sering menggosok gigi di satu bagian dibandingkan dengan bagian yang lain. Hal ini justru bisa membuat kebersihan gigi jadi enggak merata, girls. Cobalah untuk menyikat gigi dimulai dari tempat yang berbeda setiap saatnya, hal ini bisa bikin kita lebih memerhatikan bagian lain dari gigi kita, dan bisa membuat kebersihan gigi jadi lebih merata.