3 Cara Menghilangkan Perut yang Sering Terasa Lapar Pas Lagi Diet Biar Diet Enggak Gagal

By Aisha Ria Ginanti, Rabu, 18 April 2018 | 14:15 WIB
Sumber: storiesworld.com (Aisha Ria Ginanti)

Kesulitan untuk mengendalikan rasa lapar itu ternyata ditemui pada banyak orang. Menurut sebuah penelitian, penurunan berat badan memang memicu nafsu makan meningkat. Hal ini karena tubuh berusaha untuk mendapatkan kalori lebih gara-gara kita membatasi asupan makan. Tujuannya adalah agar berat badan tetap stabil. Dengan kata lain, tubuh justru melawan kita.

Dalam penelitian tersebut terungkap, nafsu makan meningkat dan seseorang justru makan 100 kalori lebih banyak sehari untuk setiap kilogram yang diturunkan. Meski demikian, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan rasa lapar sehingga usaha penurunan berat badan membuahkan hasil.

Ini 3 cara menghilangkan perut yang sering terasa lapar pas lagi diet biar diet enggak gagal.

Monitor seberapa rutin kita olahraga atau jogging, tulis apa saja yang kita makan. Evaluasi apakah asupan makanan kita hari ini berlebih atau sudah sesuai.

Cek timbangan juga untuk memastikan upaya kita berada di jalur yang benar. Jangan sampai asupan kita kurang dari energi yang kita harus keluarkan. Misalnya banyak melakukan kegiatan fisik atau olahraga keras tapi asupan makanannya dikit banget, bahkan kurang bergizi. Kalau begitu tentu perut akan mudah keroncongan.

Diet itu bukan asupan yang banyak dikurangi tapi asupan yang cukup alias enggak berlebihan dan sehat. Yang dikurangi adalah kandungan buruknya bukan hanya masalah jumlah.

(Baca juga: Jika Merasakan 5 Tanda Ini, Itu Artinya Kita Perlu Mengganti Kacamata)

Hindari diet yang menyarankan kita berpantang berbagai makanan. Tetap makan tiga kali sehari, tapi perhatikan isi piring kita. Konsumsi lebih banyak makanan mengandung serat dan air untuk membuat kita merasa lebih puas dan kenyang.

Makanan seperti buah, sayuran, atau sup sayuran, akan membantu kita lebih kenyang sehingga asupan kalori lebih sedikit.

(Baca juga: Mengkonsumsi 5 Makanan ini Sebelum Tidur Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur Kita)