Gimana Kalau Kita Suka Mager Tapi Teman Satu Gang Mengajak Jalan? Ditolak atau Diterima?

By Muti Siahaan, Senin, 26 Maret 2018 | 12:40 WIB
foto: dramabeans.com (Muti Siahaan)

Ada kalanya kita enggak mau ngapa-ngapain alis mager (males gerak).  Maunya cuma berbaring di kamar, entah itu tidur, main-main handphone atau ngelamun aja.

Sayangnya teman-teman kita ngajakin kita jalan. Duh, mau nolak suka enggak enak takut diomongin tapi badan memang udah enggak punya energi. Buat menggerakkan satu jari aja udah malas.

“Aku itu paling mager kalau cuaca lagi panas banget dan aku enggak punya uang.  Apalagi kalau teman-teman ngajak hang outnya di tempat yang harus mengeluarkan uang.

Kadang aku bikin alasan aja udah punya janji atau lagi sakit. Kalau aku ngeles mager gitu, kadang teman-teman aku ada yang ngeluh. Tapi aku berusaha buat menyakinkan dia dan berjanji lain waktu, misalnya minggu depan aku mau jalan sama mereka.“ (Dyah Ajeng Kartini  Hutapea , 21 tahun)

“Aku kalau lagi mager itu jangankan keluar rumah. Keluar kamar aja udah malesnya bukan main. Kayaknya ada satu fase, sesorang  itu mager, deh.

Enggak peduli siapa yang ngajak keluar ataupun ada acara apa. Kalau lagi mager terus diajak jalan aku jujur aja bilang kalau lagi mager.

Aku kadang tawarin, mending mereka aja yang main ke rumah aku. Tapi mereka bilang enggak mau. Aku bilang lagi ‘kalian aja enggak mau keluar, ya sama aku juga enggak mau. Ha ha ha ha.“ ( Pipit Fitriawati, 20 tahun)

(Baca juga: Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Memilih Universitas)

Enggak perlu merasa bersalah atau enggak enak hati ketika kita suka mager. Kesibukan sehari-hari yang menyita waktu, apalagi kalau kita rumahnya jauh dari sekolah dan jauh dari mana-mana, membuat energi kita terkuras habis.

Wajar setelah sampai di rumah kita jangan enggak pengin bergerak. Tubuh kita butuh untuk me-recharge energi. Saat mager itulah recharger energi terjadi.

Nikmati saja. Semua orang kan butuh ‘me time’. Saat mager itu benar-benar nikmati aja. Biar tubuh makin rileks, kita bisa memasang musik-musik favorit kita. Nyalakan lilin aromaterapi. Boleh juga kita mandi biar makin segar dan bisa tidur dengan maksimal.