Cek Yuk! 4 Tanda Pada Vagina yang Menandakan Kalau Kondisinya Normal

By Muti Siahaan, Selasa, 6 Maret 2018 | 12:10 WIB
4 Tanda Yang Menunjukan Kalau Kondisi Vagina Kita Normal (Muti Siahaan)

Salah satu bagian tubuh yang sangat pribadi dan sering membuat kita khawatir adalah vagina. Bagian tubuh yang satu ini agak sulit untuk didiskusikan secara terbuka dan kita pun suka malu untuk bertanya.

Biar begitu kita tetap perlu memperhatikan dan sebisa mungkin menjaganya agar tetap sehat dan enggak terkena penyakit apa pun. Ada beberapa tanda yang menunjukan kalau kondisi vagina kita sehat atau normal.

Baca  juga:  4 Jenis Cairan Yang Sering Keluar Dari Vagina dan Wajib Kita Waspadai

Seperti juga bagian tubuh yang lain, vagina kita pun bisa terasa gatal. Dan ini normal banget. Terutama dibagian bibir vagina bagian luar. Tapi kalau vagina kita terasa gatal setiap saat, kita perlu waspada.

Jangan lupa sering ganti pakaian dalam, terutama saat kita berkeringat atau sedang menstruasi. Kondisi gatal bisa terjadi kalau bagian tersebut lembab dan bisa menimbulkan jamur juga.

Enggak semua cairan yang keluar dari vagina itu berbahaya, lho. Sejumlah cairan yang keluar dari vagina kebanyakan normal. Umumnya berwarna putih atau bening.

Yang perlu diwaspadai ketika warna yang keluar kekuningan , hijau atau sangat kental. Tapi cairan kental bisa juga normal, ketika masa kita ada pad a subur (sekitar 14 hari sebelum menstruasi).

Tubuh kita adalah sebuah mesin luar biasa yang bisa memperbaiki dan membersihkan secara otomatis. Termasuk bagian vagina kita. Vagina memiliki sistem pembersihkan sendiri yang secara otomatis.

Makanya kadang sering keluaran gumpalan kental berwarna putih kekuningan. Ini merupakan cara vagina kita membersihkan diri.