Ini Cara Cerdas dan Lucu Ketika Menjawab Komentar yang Melecehkan

By Muti Siahaan, Rabu, 21 Februari 2018 | 05:16 WIB
Ini Cara Yang Cerdas dan Lucu Ketika Menjawab Komentar yang Melecehkan (Muti Siahaan)

Sebagai cewek, setiap hari kita sudah kenyang mendengar dan menerima komentar-komentar yang bernada melecehkan. Selalu saja ada komentar yang dilontarkan ketika kita menggunakan baju tertentu atau saat melakukan hal-hal yang bila dilakukan oleh cowok adalah hal yang lumrah.

Parahnya lagi, sekarang komentar yang melecehkan enggak hanya terjadi pada kehidupan sehari-hari tapi juga di dunia maya. Orang dengan mudah melontarkan komentar melecehkan di media sosial kita. 

Memilih diam pun enggak membuat komentar melecehkan itu akan berhenti. Sebaliknya, kita harus menjawab komentar itu. Tapi jangan dengan marah-marah atau balas melecehkan karena ini akan menambah keruh keadaan.

Ada beberapa cara cerdas dan lucu yang bisa kita lakukan untuk menjawab komentar yang melecehkan ini.

Kita bisa meniru cara dari Alanah Pearce, seorang gamer cewek yang sering mereview juga beberapa game baru. Cewek asal Australia ini sering mendapat komentar melecehkan dari cowok-cowok di Facebooknya.

“Aku melihat yang banyak mengirim komen menjijikan itu bahkan belum dewasa. Masalahnya mereka hanya komen tanpa mengerti yang cara berkomentar yang lebih baik jadi aku merespon secara rasional agar enggak memperkeruh suasana.

Tapi kadang komentar mereka tetap membuat aku merasa enggak nyaman. “

Dan setelah dia amati ternyata yang berkomentar ini adalah cowok berumur 16 tahun. Alanah pun mulai mencari tahu siapa mereka dan tanpa sengaja dia menemukan Facebook ibu mereka.

Alanah menghubungi ibunya dan melaporkan kelakuan anaknya. Sejauh ini satu orang ibu sudah merespon dan meminta maaf.

Ada sebuah twitter dengan nama @EverydaySexism. Twitter ini me-retweet komentar melecehkan yang diterima cewek dan bagaimana mereka meresponnya. Banyak yang cerdas dan lucu-lucu banget. Antara lain seperti ini :