Terungkap! Alasan Tragis Princess Disney Banyak yang Enggak Memiliki Ibu

By Debora Gracia, Selasa, 23 Januari 2018 | 07:45 WIB
Terungkap Alasan Tragis Kenapa Ibu dari Princess Disney Kebanyakan Enggak Ada (Debora Gracia)

Dari sekian banyak cerita Princess Disney yang sering kita baca atau tonton, banyak dari mereka yang sudah enggak memiliki Ibu, dengan berbagai latar belakang.

Ada yang dari awal sudah diceritakan enggak memiliki ibu atau anak yang sebatang kara, ada pula yang di tengah cerita ibunya hilang, pergi, atau meninggal.

Sebut saja cerita Cinderella, Princess Disney yang harus hidup bersama ibu dan dua saudara tirinya yang jahat. Lalu, Princess Belle, dari Beauty and the Beast, hanya tinggal bersama ayahnya.

Ariel dari The Little Mermaid juga telah kehilangan ibunya yang dibunuh oleh pembajak laut yang jahat. Begitu juga dengan kisah dari Snow White, Pocahontas, Tarzan, Aladdin, dan juga di luar film Princess Disney seperti Bambi.

Mungkin kita mengira cerita seperti dibuat untuk menambah kesan dramatis dalam film Disney, tapi ternyata ada alasan di balik cerita Disney yang selalu dibuat seperti itu.

Don Hahn, produser Disney, mengungkapkan ada dua teori paling memungkinkan kenapa karakter Ibu dari Princess Disney kebanyakan enggak ada.

Teori pertama, menurut Don Hahn, film Disney yang biasanya sepanjang 80-90 menit ingin menceritakan tentang bagaimana seseorang bertumbuh dan mengambil tanggung jawab yang besar.

Dan biasanya, seseorang yang telah kehilangan orangtuanya akan lebih cepat semakin dewasa.

Don Hahn mengambil contoh cerita Beauty and the Beast, di mana Belle hanya memiliki ayahnya dan harus merangkap posisi sebagai seorang anak yang merawat ayahnya juga.

Atau dari cerita Bambi, yang ibunya terbunuh, setelah itu dia harus bertumbuh lebih mandiri dan bertanggung jawab.