10 Penulis Novel Cewek Indonesia Inspiratif yang Karyanya Wajib Kita Baca

By Ifnur Hikmah, Minggu, 4 Februari 2018 | 14:20 WIB
www.instagram.com/deelestari (Ifnur Hikmah)

Ngomongin soal penulis cewek Indonesia, beberapa nama besar akan masuk ke benak kita. Sebut saja Ayu Utami, Fira Basuki, Leila S. Chudori, dan masih banyak nama penulis lainnya.

Namun, bukan cuma mereka saja penulis cewek inspiratif yang karyanya wajib kita baca. Berikut 10 penulis novel cewek Indonesia inspiratif yang karyanya wajib kita baca.

Lihat di sini genre dan tema buku yang akan tren di tahun 2017 menurut penulis Bernard Batubara.

Nama Dewi Lestari atau yang akrab disapa Dee mungkin sudah enggak asing lagi di kuping kita. Serial Supernova yang ditulisnya selama lima belas tahun ini mungkin jadi salah satu isi daftar novel wajib baca kita.

Dee awalnya dikenal sebagai penyanyi di tahun 1990-an, tapi sekarang dia lebih dikenal sebagai penulis. Beberapa novel dan cerpennya juga sudah difilmkan dan sukses, seperti Perahu Kertas, Filosofi Kopi, Rectoverso, Madre dan Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh, dan Supernova: Inteligensi Embun Pagi.

Selain menulis novel, Dee juga suka menulis cerpen. Beberapa kumpulan cerpennya juga sudah dibukukan, seperti Madre dan Filosofi Kopi.

Perjalanan Dee di dunia literasi Indonesia lumayan berliku, karena awalnya dia menerbitkan sendiri novel pertamanya, Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh.

Dee sempat merugi, lho, ketika menerbitkan novelnya secara independen, tapi itu enggak bikin dia menyerah.

Ngomongin novel Indonesia, terutama novel populer, nama Ika Natassa sering disebut-sebut.

Penulis yang juga bekerja di salah satu bank di Indonesia ini sudah melahirkan banyak novel, yaitu A Very Yuppy Wedding, Divortiare, Antologi Rasa, Twivortiare, Underground, Critical Eleven, dan The Architecture of Love.