8 Tanda Kalau Teman Kita Selalu Pura-pura Jadi Korban untuk Menarik Perhatian, Padahal Enggak

By Averina Lita, Sabtu, 31 Maret 2018 | 12:45 WIB
wowkeren.com (Averina Lita)

Punya teman yang sering menyalahkan kita atau orang lain untuk kesalahan yang sebenarnya dia lakukan sendiri?  Atau memainkan peran sebagai korban demi menarik perhatian atau belas kasihan?

Mungkin sebenarnya dia sendiri enggak sadar berbuat kayak gitu, soalnya pura-pura jadi korban adalah sesuatu yang bisa bikin seseorang kecanduan kayak mengonsumsi junkfood. Efek buruknya baru deh, akan dirasakan di kemudian hari.

Ini dia 8 tanda kalau teman kita selalu pura-pura jadi korban, berikut apa yang bisa kita lakukan buat menolong mereka:

Ini adalah salah satu tanda yang paling dominan. Mereka enggak bisa menerima kenyataan kalau mereka juga menyumbang kontribusi dalam suatu permasalahan, dan enggak mau menerima tanggung jawab atas situasi tersebut. Akibatnya mereka malah menunjuk orang lain sebagai pihak yang pantas disalahkan dan kabur dari tanggung jawab.

Dalam kasus ini, mereka melepaskan kesempatan untuk berkembang secara mental. Mereka mungkin memang enggak bertanggung jawab penuh, tapi seenggaknya mereka harus bisa bertanya pada diri sendiri apa kontribusi mereka dalam masalah yang ada.

Pertanyaan ini bikin seseorang lebih bertanggungjawab, dewasa, dan bisa diajak kerja sama, sekaligus menghindarkan diri mereka dari situasi serupa di masa mendatang.

Mereka percaya kalau orang lain akan senantiasa memaklumi mereka, makanya mereka jadi enggak membuat kemajuan atau sesuatu yang berarti dalam hidup mereka. Hasilnya hidup mereka jadi stagnan. Waktu orang lain menanyakannya, mereka akan memberikan sederetan alasan kenapa enggak bisa maju, padahal sebenarnya karena mereka enggak berbuat apa-apa untuk memperbaikinya.

Kalau sudah begini, cara berpikir mereka yang harus diubah. Mereka harus yakin kalau sedikit aja perubahan dalam cara pandang mereka bisa menghasilkan sesuatu yang berarti. Kita bisa menolong mereka dengan membuat daftar hal yang bisa mereka lakukan buat mencapai sesuatu yang berarti dalam hidup mereka.