5 Kisah Inspiratif dan Mengharukan Tentang Perjuangan Seseorang Meraih Wisuda

By Debora Gracia, Minggu, 7 Januari 2018 | 09:00 WIB
5 Kisah Inspiratif dan Mengharukan Tentang Perjuangan Seseorang Meraih Wisuda (Debora Gracia)

Mendapatkan sesuatu yang berharga itu enggak mudah, termasuk menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar sarjana hingga doktor. Enggak sedikit dari mereka yang harus berjuang untuk kuliahnya dengan kisah yang mengharukan.

Tentunya ini membuat kita yang mungkin saat ini masih tugas akhirnya enggak kunjung selesai, atau dosen yang susah ditemui waktu mau bimbingan, bisa jadi tambah semangat melihat perjuangan orang lain untuk meraih wisuda.

Ini 5 kisah inspiratif dan mengharukan tentang perjuangan seseorang meraih wisuda:

Asnawi, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) lulus sarjana dengan berjualan gorengan sebagai caranya untuk membiayai hidup dan pendidikannya sendiri.

Di hari wisudanya, ia membawa pikulan dan gorengannya untuk dibagikan kepada orang-orang disekitarnya. Selama ini ia berdagang gorengan di sekitar tempat kost, enggak jauh dari tempatnya kuliah.

Ia juga mengaku kegiatan kuliahnya enggak pernah terganggu selama ia berdagang.  

Perjuangan Raeni yang meraih gelar sarjananya di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan IPK 3, 96 sangat mengharukan.

Ayahnya yang seorang tukang becak enggak bikin Raeni menyerah, ia meraih beasiswa Bidik Misi dan beberapa kali mencapai indeks pretasi yang sempurna, yaitu 4.

Sewaktu ia wisuda, Raeni juga diantarkan ke kampus bersama ayahnya. Kisah inspiratif berlanjut ketika Raeni mendapatkan beasiswa LPDP untuk kuliah S2 di Universitas Birmingham, Inggris.