Dear Cewek, Terkadang Kita Enggak Sadar & Diam Saja Saat Diperlakukan Berbeda. Padahal...

By Debora Gracia, Jumat, 27 April 2018 | 13:45 WIB
Dear Cewek, Terkadang Kita Enggak Sadar dan Diam Saja Kalau Sudah Diperlakukan Berbeda (Debora Gracia)

Sebagai cewek, saat kita tumbuh menuju dewasa ini, kita pasti pernah mendengar beberapa konsep tentang 'gimana cewek seharusnya'.

Misalnya, "Cewek yang ideal itu cewek yang langsing dan berkulit putih. Kalau enggak gitu berarti enggak cantik". Makanya kita juga mungkin sering mendengar "Ih anak cewek kok kulitnya hitam gini, makanya jangan panas-panasan aja!" atau "Ya gimana mau dapet pacar, diet makanya!" dan lainnya.

Sebuah konsep yang menuntut cewek untuk memenuhi kriteria tertentu yang dianggap ideal, sehingga sering kali membuat kita merasa enggak PD, bahkan mungkin merasa enggak suka sama diri kita sendiri.

Tapi kita jarang mendengar larangan atau ucapan itu ditujukan pada cowok. Jarang rasanya ada yang bilang cowok enggak boleh panas-panasan biar enggak jadi hitam. Yang ada malah, "Ya elah, biarin aja kali item juga, cowok ini, kan macho."

Jadinya ada double standard, yaitu menerapkan standar yang berbeda untuk sesuatu yang sama, hanya karena perbedaan gender. Pernah ngalamin?

Contoh lainnya misalnya kita enggak dipercaya hanya karena gender kita. Misalnya, dalam menentukan pemimpin, cowok dirasa lebih mampu, soalnya cewek dianggap suka ribet dan gampang baper.

Atau sebaliknya, kalau ada posisi yang memerlukan ketelitian dan kesaabaran, biasanya cowok enggak dipercaya. Mendingan cewek aja deh, biar lebih teliti.

Padahal enggak semua cewek teliti dan enggak semua cowok enggak teliti dong? Dan enggak semua cewek enggak bisa mimpin, kan?

Atau kejadian lain seperti ini: kita pacaran selama beberapa bulan dengan seorang cowok dan dia baik juga romantis banget. Kita merasa menjadi cewek yang paling beruntung saat itu.

Sampai akhirnya suatu hari, pacar memaksa kita untuk ciuman bahkan melakukan hubungan seksual. Meski sebenarnya, dalam hati kita belum siap untuk melakukan hal tersebut,

kita jadi terpaksa mau melakukannya, karena pacar bilang ciuman adalah tanda sayang kita ke dia. Kalau kita enggak mau kita akan diputusin.

Contoh lainnya yang paling gampang dan sering kita temui sehari-hari adalah hinaan di medsos yang sangat kasar menyerang perempuan. Misalnya kalau ada cewek yang foto seksi sedikit disebut p*r*k atau j*bl*y dengan mudahnya.