Jangan Ditiru! Ini 3 Fakta Berbahaya Tentang #SkipChallenge yang Harus Kita Tahu

By Debora Gracia, Jumat, 10 Maret 2017 | 04:31 WIB
Jangan Ditiru! Ini 3 Fakta Berbahaya Tentang #SkipChallenge yang Harus Kita Tahu (Debora Gracia)

Kita sering melihat banyak challenge atau tantangan yang ramai di media sosial dan menjadi viral. Begitu juga dengan tantangan yang baru-baru ini jadi viral yaitu #SkipChallenge, atau di Amerika Serikat disebut juga dengan #PassOutChallenge. Tantangan yang banyak diikuti oleh remaja ini sebenarnya berbahaya banget dan sama sekali bukan pengalaman yang menyenangkan.

Cara melakukan #SkipChallenge dilakukan dengan menekan dada sekeras-kerasnya selama beberapa waktu. Tujuannya untuk membuat seseorang kekurangan oksigen sehingga kehilangan kesadaran beberapa saat atau pingsan.

Buat kita yang belum pernah melihat #SkipChallenge atau #PassOutChallenge, ini beberapa contoh yang telah beredar di Indonesia:

Sebaiknya kita enggak meniru tantangan ini, melihat 3 fakta berbahaya tentang #SkipChallenge yang harus kita tahu:

Tantangan #SkipChallenge ini berbahaya untuk karena bisa menyebabkan pingsan, otak kekurangan oksigen, kejang-kejang, kerusakan otak, hingga kematian.

Dilansir dari Kompas.com, Dr. Nick Flynn, dokter dari Union Quay, Medical Centre, Cork memberikan penjelasan bahwa saat melakukan tantangan ini, mereka menghentikan otot dada yang bergerak, sehingga enggak ada oksigen yang masuk ke dalam otak. Sehingga setelah itu bisa memicu kejang bahkan kematian.

Ngeri banget, ya? Klik halaman selanjutnya untuk tahu fakta berbahaya lainnya dari #SkipChallenge!