Tobelo dan 7 Goyang Lain yang Pernah Viral di Indonesia. Mana yang Paling Seru?

By Debora Gracia, Rabu, 22 Maret 2017 | 04:41 WIB
Tobelo dan 7 Goyang Lain yang Pernah Viral di Indonesia. Mana yang Paling Seru? (Debora Gracia)

Ada banyak hal yang bisa jadi viral di Indonesia dan biasanya justru dimulai dengan hal-hal yang sederhana banget seperti tarian tertentu. Salah satunya yang lagi viral sekarang adalah Goyang Tobelo. Coba deh, search di medsos seperti Instagram dengan hashtag #goyangtobelo, pasti banyak banget yang meniru goyang ini.

Goyang Tobelo ini pertama kali terkenal di Ambon dan Maluku. Goyangannya sebenarnya sederhana banget, dan mirip dengan senam poco-poco yang dulu juga pernah terkenal. Tapi sekarang, Goyang Tobelo hampir diikuti dari berbagai lapisan masyarakat mulai dari anak sekolah sampai pejabat.

Selain Tobelo, ada 7 goyang, joget, atau bahkan senam lainnya yang pernah viral di Indonesia:

Gangnam Style sebenarnya adalah single yang dikeluarkan oleh bintang K-pop, yaitu Psy yang dirilis tahun 2012. Di dalam video tersebut, Psy melakukan tarian seolah sedang memacu kuda sehingga sering disebut tarian kuda. Karena video tersebut jadi video paling banyak ditonton di YouTube, tarian ini juga jadi banyak diikuti oleh orang-orang termasuk orang Indonesia.

Tahun 2013, goyang Harlem Shake jadi viral banget dan banyak diikuti oleh orang Indonesia dan mungkin kita salah satunya. Video Harlem Shake pertama kali diunggah di YouTube oleh sekelompok remaja di Australia dan jadi viral setelah itu. Lagu Harlem Shake sendiri adalah milik musisi Baauer yang dirilis pada tahun 2012.

Tahun lalu, nama musisi dan komedian Jepang yang bernama Kazohiko Kosaka atau terkenal dengan nama Pika-Taro jadi viral karena lagu sederhana yang berjudul Pen-Pineapple-Apple-Pen (PPAP). Gerakan goyang PPAP yang gampang banget diikuti jadi membuat orang banyak termasuk orang Indonesia mengikutinya.

Klik halaman selanjutnya untuk tahu goyangan viral lainnya, yuk!