5 Cara Gampang Untuk Bisa Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Biar Lulus UN

By Ifnur Hikmah, Selasa, 6 Maret 2018 | 14:00 WIB
foto: KaplanInternational.jpg (Ifnur Hikmah)

Kadang, Bahasa Inggris memang jadi hal yang mengerikan. Soalnya, belajar bahasa Inggris memang susah-susah gampang, terlebih karena kita enggak terbiasa ngomong dengan bahasa ini. Namun bukan berarti kita enggak bisa belajar.

Kalau tahu cara yang pas, belajar Bahasa Inggris jadi menyenangkan dan kita pun bakalan semangat banget mempelajarinya. Termasuk menjelang UN nih.

Berikut lima cara gampang untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris biar lulus UN.

Baca juga: 5 Manfaat Belajar Bahasa Asing

Kadang kita menghabiskan waktu yang sangat lama saat mengerjakan soal pelajaran bahasa Inggris karena kita enggak ngerti artinya. Duh, repot deh! Nah, masalah ini bisa kita atasi dengan setiap hari mencari dan menuliskan lima kata atau istilah dalam bahasa Inggris yang enggak kita tahu.

Tulis aja di post-it atau buku catatan kecil. Coba bayangin kalau kita lakukan itu, maka dalam waktu sebulan aja kita udah menambah 140 kosakata baru!

Caranya simpel aja kok. Kelilingi diri kita dengan hal-hal yang melibatkan bahasa Inggris sebagai komponen utamanya, seperti lagu-lagu berlirik Inggris, film Hollywood, serial drama Amerika, bacaan berbahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Kalau kita terbiasa mendengar dan memperhatikan itu semua, akan lebih mudah bagi kita untuk bisa menggunakannya. Ingat ada pepatah yang bilang kalau kita bisa karena terbiasa.

Zaman sekarang, jauh lebih gampang buat belajar apapun dibandingkan dengan zaman orangtua kita dulu. Kita tinggal buka YouTube tentang tutorial berbahasa Inggris dan voila! Ribuan video pun bermunculan. Salah satu youtuber yang aktif memberikan tutorial adalah akun English With Lucy.