Pengetahuan Seputar Diet Yang Wajib Kamu Tahu

By Ifnur Hikmah, Kamis, 6 April 2017 | 02:26 WIB
Pengetahuan Seputar Diet Yang Wajib Kamu Tahu (Ifnur Hikmah)

Enggak bisa dipungkiri lagi kalau bentuk tubuh adalah salah satu masalah bagi setiap cewek. Bentuk tubuh jelas sangat berubungan dengan berat badan. Karena itu banyak cewek berlomba-lomba diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

 

Kita juga tahu kalau berat badan ideal enggak cuma menunjang penampilan aja, tapi juga kesehatan tubuh. Sayangnya sekarang banyak cewek yang kelebihan diet. Kekurusan juga enggak ideal, lho.

 

Perhitungan berat badan ideal yang paling sering dilakukan adalah dengan rumus BMI (Body Mass Index). Rumus ini didasari dengan perhitungan tinggi terhadap berat badan. Sekarang udah ada aplikasi BMI kok, kita bisa tinggal download di hp. Atau kita juga bisa menghitungnya dengan rumus:

            BMI = berat badan (kg)/ (tinggi badan + tinggi badan(m))

 Kategori BMI untuk cewek:

<18      : kurus

18-25   : normal

25-27   : kegemukan

>27      : obesitas

 

Sistem pencernaan berjalan tanpa perintah dari kita. Sistem pencernaan akan tetap bekerja walau enggak ada makanan sekalipun. Sarapan pagi penting karena perut sudah terlalu lama kosong sedangkan sistem pencernaan tetap bekerja. Hal ini akan berefek negatif karena akan merusak sistem pencernaan. Selain itu fungsi penting sarapan pagi yang lain adalah supaya kita tidak berlebihan makan pada jam makan siang.

 

Prinsip diet sebenarnya adalah membatasi jumlah kalori yang dimasukkan, bukan tidak memasukkan kalori sama sekali. Kerena biar bagaimanapun tubuh juga butuh kalori untuk dapat beraktivitas dengan baik. Dengan hanya memakan buah, tubuh akan lemas karena kekurangan kalori secara berlebihan.

 

Vitamin adalah sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Vitamin terbagi dua yaitu vitamin larut air dan larut lemak. Vitamin larut lemak artinya hanya bisa diserap oleh tubuh jika ada lemak sebagai pedamping penyerapannya. Vitamin larut lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K. Jadi salah banget kalau kita tidak mengkonsumsi lemak sama sekali dalam menu diet. Kita bisa mengkonsumsi lemak nabati selama diet yaitu lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, misalnya kacang-kacangan.

 

Cari alasan mengapa kita pengin banget diet dan alasan ini yang akan kita pegang selama diet . Misalnya ada baju lucu yang pengin dibeli dan enggak bisa dipakai karena enggak muat, atau kita juga bisa menempel foto artis yang dikagumi bentuk badannya di depan lemari atau pintu kulkas. Hal ini sekaligus jadi “alarm” saat pengin bolos diet.

 

Banyak jenis diet yang berkembang di masyarakat, tetapi semua itu enggak akan berhasil kalau kita enggak bisa jaga komitmen.

 

Tubuh yang ideal bukan hanya dari berat badan namun jika kesehatan tubuh yang optimal. Jangan sampai karena pengin diet, kesehatan jadi terabaikan.