5 Hal Ini Bisa Bikin Kita Jadi Murid Kesayangan Guru di Sekolah

By Natalia Simanjuntak, Selasa, 11 April 2017 | 03:45 WIB
foto: koalasplaygroundcom (Natalia Simanjuntak)

Pernah enggak ngerasa jadi “the invisible man” saat di kelas? Kayaknya tuh kalau enggak ada kita, kegiatan belajar di kelas juga bakal lancar-lancar aja deh. Mungkin juga guru-guru enggak sadar kalau kita hari itu enggak masuk . Jadi, enggak pengin dong jadi murid yang enggak dianggep terus? Nah, 5 hal ini bisa bikin kita jadi murid kesayangan guru di sekolah!

Baca:

Cara Gampang Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Cerita Cewek yang Pernah Tidak Lulus UN

Pepatah lama mengatakan enggak kenal maka enggak sayang. Sekarang, gimana guru mau sayang sama kita kalau kenal aja belum? Salah satu alasan kenapa guru-guru di sekolah enggak inget sama kita adalah karena kita enggak pernah menyuarakan pendapat di kelas. Bayangin deh, jumlah siswa yang mesti guru ajarin itu bisa banyak banget  setiap harinya. Dari puluhan, bahkan ratusan murid tersebut, gimana dia bisa inget nama kita kalau kitanya aja enggak pernah “menampakkan wujud” dengan berpendapat?

Takut dianggap sok tahu? Atau malah parno kalau opini kita payah banget? Enggak usah khawatir, guru enggak mengharapkan jawaban yang sempurna kok. Yang mereka harapkan itu kita aktif berpartisipasi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Jadi, kumpulkan keberanian dan bersuaralah.

Karena males atau takut dicap bawel, setiap guru nanya, “ada yang belum paham?”, kita pasti diam seribu bahasa. Padahal sebenarnya kita juga belum ngerti-ngerti banget sama materi yang diajarin. Lama-kelamaan kebiasaan aneh ini bisa bikin guru kesel lho. Soalnya kalau kita diam aja dan enggak pernah nanya, maka si guru akan berasumsi kalau kita udah ngerti dan siap untuk diuji. Eh tapi pas dites beneran, ternyata hasilnya nol besar.

Kalau ada hal-hal yang masih bikin bingung, jangan ragu buat bertanya. Percaya deh, kalau kita nanya dengan baik-baik, pasti dengan senang hati guru kita akan menjawab.

Badan kita sih ada di dalam kelas, mata kita juga kayaknya tertuju ke papan tulis, tapi pikiran kita sebenernya lagi “piknik” ke mana-mana. Alhasil, saat tiba-tiba guru ngasih pertanyaan, kita langsung kelabakan dan enggak ngerti mesti jawab apa. Ih, gimana guru enggak bete coba ngeliat murid yang kayak gini? Mulai sekarang coba deh kita lebih memperhatikan penjelasan guru saat di kelas. Enggak adil dong kalau kita minta diperhatikan, tapi kitanya sendiri ternyata cuek banget pas lagi diterangkan materi?