Oil Cleansing Method, Cara Mudah Membersihkan Wajah dengan Minyak!

By Ifnur Hikmah, Kamis, 13 April 2017 | 08:14 WIB
Minyak alami bisa membersihkan kulit wajah lebih efektif daripada produk pembersih wajah kimia loh (Ifnur Hikmah)

Untuk kita yang punya kulit wajah kering dan kombinasi, mungkin minyak-minyak alami seperti olive oil, jojoba oil atau grape seed oil sangat menggiurkan untuk membersihkan sekaligus menutrisi kulit. Tapi untuk yang tipe kulit wajahnya berminyak atau bahkan acne-prone? Duuh rasanya pengin menjauh ya! 

Eits.. tapi tunggu dulu. Ternyata membersihkan kulit dengan minyak alami atau disebut oil cleansing method punya banyak banget manfaat dan cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan untuk kulit berminyak atau acne prone. Bukan malah akan menambah kulit jadi lebih berminyak, tetapi justru akan menyeimbangkan kadar minyak di kulit dan menutrisi kulit. Kalau lagi jerawatan, minyak-minyak alami itu akan bersifat soothing ke kulit dan mengurangi iritasi di kulit. Well, dan udah pasti oil cleasing method (OCM) itu bersifat deep cleanse dan bakal jauh lebih bersih daripada hanya menggunakan facial foam biasa.

Nah, berikut beberapa manfaat dari OCM yang wajib kita tahu.

Kebanyakan dari kita membersihkan wajah dalam beberapa langkah yaitu: eye and lip makeup remover, milk cleanser, toner, dan facial foam. Duh ribet! Padahal hasilnya juga enggak seberapa bersih. OCM sudah terbukti 5x lebih efektif membersihkan makeup mdibanding dengan melakukan banyak step diatas. Karena OCM menggunakan oil, dan kotoran serta makeup di wajah terbuat dari minyak sehingga prinsip "A dissolves A" atau disini "Oil dissolves Oil" berlaku.

Banyak produk pembersih wajah yang menjanjikan "mengurangi kelebihan minyak di wajah". Instead of doing that, yang ada produk-produk tersebut malah menghilangkan semua minyak di wajah, sampai minyak alami yang dibutuhkan kulitpun berkurang. Akhirnya, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak karena 'dia pikir' kulit kita butuh minyak. Hal ini tidak akan terjadi bila kita melakukan OCM. Justru minyak yang kita gunakan akan menutrisi dan menyeimbangkan kadar minyak, serta membersihkan kulit tanpa mengeringkannya.

Deep cleanse akan membersihkan seluruh pori-pori serta kotoran di wajah. Wajah yang bersih adalah kunci dari kesehatan kulit dan kunci agar semua produk yang kita pakai ke wajah setelahnya (seperti moisturizer atau serum) akan menyerap sempurna. Wajah yang tidak dibersihkan dengan sempurna lalu diberikan produk pelembap wajah, malah akan menimbulkan jerawat dan komedo!

1. Bahan yang dibutuhkan: campuran minyak-minyak alami, handuk lembut yang sudah direndam ke air hangat atau face steamer, tissue.

2. Tuangkan campuran minyak yang sudah dibuat ke telapak tangan secukupnya, lalu lakukan pijatan lembut ke kulit wajah dengan minyak tersebut.