Cerita Cewek Berani yang Pernah Viral di Media Saat Ikut Memadamkan Kebakaran Hutan di Kalimantan

By Ifnur Hikmah, Sabtu, 14 April 2018 | 13:00 WIB
Cewek berani yang pernah viral di media saat Ikut memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan. (Ifnur Hikmah)

Awal November 2015 lalu, cewek bernama lengkap Intan Syafrini Fazrianti ini viral di media sosial dan diberitakan berbagai media karena tindakan beraninya menjadi relawan kebakaran hutan di Kalimantan.

Dengan bantuan seorang teman yang sudah lebih dulu jadi relawan di sana, Intan berangkat ke Kalimantan bersama tim relawan dari Sekolah Relawan selama satu minggu (22 Oktober-4 November), meski harus meninggalkan ujian tengah semester di kampus.

Ini cerita cewek berani yang pernah viral di media saat ikut memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan.

(Ini cewek keren yang bikin taman bacaan di usianya yang masih muda, klik disini)

Awalnya Intan berangkat sebagai tim dokumentasi di desa Tumbang Nusa, Palangkaraya, tapi akhirnya ikut memadamkan api.

“Kalau kita lihat keadaan di sana, enggak bisa cuma diam dan ambil gambar. Jadi aku banyak bantu untuk pembuatan sumur bor, karena memang susah banget, aku bantu pegang nozzle (selang air besar) karena itu berat banget,” ungkap Intan.

Yang pasti, tinggal di sana memang enggak gampang karena harus selalu beradaptasi dengan udara yang super kotor dan berbahaya. “Enggak kebayang kan mereka tiga bulan kayak gitu,” cetusnya.

Proses memadamkan hutan gambut yang terbakar juga sulit sekali, sangat menguras waktu dan tenaga. Bahkan Intan dan tim sempat melakukan proses pemadaman dari jam dua siang hingga jam dua malam.

Tapi yang bikin mereka paling sedih dan sakit hati bukanlah persoalan lelah atau lamanya proses memadamkan api, melainkan beberapa oknum yang masih sengaja membakar lahan saat mereka sedang sibuk memadamkan api.

Bertekad Kuat Bantu Sebisanya

“Mental aku udah enggak ada takut di sana, aku mastiin badan selalu fit dan baru nyadar aku senekad itu pas udah nyampe di Jakarta,” ungkap Intan.