Cewek Ini Pernah Mengalami Bulimia karena Pengaruh Pergaulan & Tuntutan Untuk Kurus

By Natalia Simanjuntak, Selasa, 25 April 2017 | 02:31 WIB
foto: kdramastars.com (Natalia Simanjuntak)

Menurut penelitian, cewek berosiko dua hingga tiga kali lebih besar untuk bisa mengidap eating disorder. Kok bisa begitu? Karena di lingkungan pergaulannya cewek lebih banyak mendapat tekanan untuk mesti terlihat cantik, kurus, langsing, dan sebagainya.

Tingginya tekanan itulah yang membuat para cewek akhirnya banyak yang memutuskan untuk melakukan diet yang salah, bahkan berhenti makan sama sekali. Hal ini juga yang di alami oleh Cia (20), cewek yang pernah mengalami bulimia karena pengaruh pergaulan.

(Baca juga: 10 Quote tentang Memaafkan Diri Sendiri)

“Dari kecil tubuhku memang sedikit gemuk, tapi enggak sampai obesitas. Aku pun enggak terlalu mempedulikannya karena saat itu keluarga, sahabat-sahabat, serta teman sekolahku pun enggak pernah ada yang mempermasalahkannya.

Sampai akhirnya aku masuk SMA. Sekolahku ini letaknya di ibukota dan lingkungannya benar-benar berbeda dengan sekolahku dulu yang letaknya di daerah.

Saat awal aku di SMA, semua teman-teman cewekku sudah tampil begitu modis, bahkan ada yang setiap hari mencatok rambutnya sebelum ke sekolah! Begitu juga dengan outfit yang mereka kenakan, semuanya terlihat begitu fancy.

Dan pada saat itu, aku merasa kalau aku terlihat begitu jelek dibandingkan mereka.

Di kelas, kayaknya cuma aku yang punya badan gembil. Tinggiku cuma 149cm, tapi berat badanku hampir 50kg. Itu semua membuatku frustrasi.

Maka saat itu aku memutuskan untuk diet.

(Baca juga: 5 Ilustrasi Komik tentang Kebahagiaan)