Pesan dari Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin untuk Cewek yang Mau Masuk Jurusan Teknik Mesin

By Debora Gracia, Senin, 30 April 2018 | 03:00 WIB
Pesan dari Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin untuk Cewek yang Mau Masuk Jurusan Teknik Mesin (Debora Gracia)

Jurusan teknik dianggap masih identik dengan cowok, karena tugas yang berat, selalu dikejar deadline, dan mata kuliah yang enggak bisa sembarangan dikerjakan.

Semuanya harus teliti, akurat, dan tepat. Enggak jarang, teknik masih jadi jurusan yang menantang buat cewek. Ada jurusan lainnya yang menantang buat cewek, kita bisa baca di sini.

Apalagi kalau jurusannya adalah Teknik Mesin, pasti yang ada dalam bayangan kita jurusan tersebut sangat memberatkan dan cewek enggak bakalan kuat.

Sebenarnya, enggak selalu seperti itu kok, girls.

Kalau kita punya minat di dalamnya, kenapa enggak mendalaminya? Risva, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang, berbagi cerita untuk cewek yang mau masuk jurusan Teknik Mesin.

(7 Jurusan Kuliah Menjanjikan di Indonesia yang Masih Sepi Peminat)

Ada yang pernah bilang, pressure is good for you. Sepertinya, mau enggak mau, kita harus setuju dengan hal tersebut. Kuliah di jurusan yang menantang justru akan jadi bekal untuk kita di kemudian hari, lho.

Begini ceritanya Risva kuliah di jurusan Teknik Mesin sejak tahun 2013 lalu ini,

“Satu angkatanku ada 10 cewek, tapi karena kelasnya kadang berbeda-beda, jadi ada yang satu kelas hanya dua cewek atau bahkan satu cewek di kelas.  

Kesulitannya kuliah jurusan Teknik Mesin enggak perlu diragukan adalah mata kuliahnya yang susah banget dan tugasnya enggak bisa santai, selalu dikejar-kejar deadline.

Tapi ya mengatasinya, kalau ada kesulitan memahami materi yaitu dengan belajar bareng teman-teman sebelum UTS atau UAS, tepatnya lagi belajar sama teman yang lebih paham.