5 Hal yang Bisa Jadi Pertimbangan Kalau Galau Memilih Jurusan Kuliah

By Ifnur Hikmah, Kamis, 8 Maret 2018 | 01:30 WIB
foto: pinterest.com (Ifnur Hikmah)

Bingung dengan jurusan yang akan dipilih saat kuliah seringkali dialami oleh kita yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan SMA.

Ini karena langkah yang dipilih sudah menyangkut masa depan beberapa tahun kemudian atau bahkan menjadi penentu profesi kelak.

Mengenai hal itu, berikut 5 hal yang bisa jadi pertimbangan kalau galau memilih jurusan kuliah.

(Lihat di sini jurusan kuliah di Indonesia yang lulusannya paling dicari tahun 2017)

Mengenal minat dan passion sangat penting dilakukan agar tidak salah langkah nantinya. Saat ini, banyak orang merasa salah ambil jurusan kuliah karena kurang mengenal bidang yang mereka pilih sebelumnya.

Ada juga yang minat pada jurusan tertentu, tetapi terasa berat saat menjalaninya. Hal ini bisa jadi karena jurusan yang diminati itu bukan passion kita.

Kita bisa mengenal minat misalnya dengan tanpa sadar sering menonton tutorial memasak, senang bereksplorasi menciptakan jenis makanan baru, peka terhadap rasa makanan, dan lain-lain, maka besar peluang untuk menjadi juru masak nantinya.

Atau kita senang menghitung keuangan saat sehabis belanja, menentukan anggaran untuk kebutuhan selanjutnya, dan lain-lain, maka besar peluang nantinya berkarir di bidang ekonomi.

Hal-hal sederhana tersebut dapat menjadi acuan memilih jurusan agar linier dengan cita-cita masa depan. Berkarir pun akan terasa ringan saat dilakukan dengan senang hati, bukan?

(Lihat di sini kemungkinan mengerikan apa saja yang bisa terjadi kalau salah pilih jurusan kuliah)

Penting untuk mengetahui bidang karir dan jurusan yang dicari perusahaan atau sedang eksis saat ini dan beberapa tahun ke depan.

Karena tentu keberhasilan karir masa depan ditentukan oleh kebutuhan pasar.

Misal, tahun 2017 tampaknya sedang banyak dibutuhkan lulusan IT, maka perlu dilihat apakah saat lulus kuliah nanti lulusan IT masih banyak dibutuhkan?

Kalau iya, dan memang sesuai minat dan passion, maka bisa lanjut ke pertimbangan selanjutnya.

(Lihat di sini jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan banget di masa depan)

Saat ini internet sudah menyajikan banyak informasi perguruan tinggi yang dapat dengan mudah diakses.

Dari internet, calon mahasiswa bisa membayangkan gaya belajar, tingkat kesulitan, lingkungan dosen dan mahasiswa, kualitas dan standar pendidikan yang diterapkan, fasilitas, dan peluang mahasiswa untuk berkembang.

Pastikan calon mahasiswa merasa cocok dengan kondisi tersebut.

Pertimbangan ini penting untuk memastikan langkah yang dipilih akan lancar sampai akhir. Lingkungan yang dimaksud ini di antaranya keluarga, orang-orang terkasih, apakah mereka merestui atau tidak pilihan kita ini.

(Lihat di sini jurusan kuliah menjanjikan yang masih jarang diminati)

Potensi bisa datang dari bakat dan dibentuk. Kuliah sesuai minat, passion, peluang karir masa depan yang bagus, dan dukungan lingkungan akan kurang cukup jika kita sendiri enggak berkomitmen untuk bersedia membangun potensi.

Karena tidak selalu langkah yang dipilih akan berjalan lancar. Olehnya, kita harus bersedia belajar hal baru, menggali potensi sebagai pondasi pilihan yang dipilih akan bertahan dengan baik.

Selebihnya, jangan lupa berdoa. Apapun yang terjadi nanti, bagaimanapun seseorang tidak bisa memastikan masa depan, melainkan hanya merencanakan dengan matang. Sesuai atau tidak dengan ekspektasi, cukup berpikir positif bahwa setiap jalan pasti memberi pelajaran berharga. Semangat!