Goblin, Descendants of The Sun, dan 6 Drama Korea Lain yang Sukses Memecahkan Rekor Rating Tertinggi

By Ifnur Hikmah, Senin, 15 Januari 2018 | 11:20 WIB
foto: pinterest.com (Ifnur Hikmah)

Salah satu indikator kesuksesan sebuah drama adalah mendapat rating yang tinggi. Itu artinya, drama tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang untuk menontonnya.

Di Korea sendiri, terdapat perbedaan batas rating yang tinggi antara drama yang tayang di stasiun televisi publik, seperti KBS, MBC, dan SBS, dengan drama yang di tayang di TV Cable, seperti TvN, OCN, dan JTBC.

Drama yang tayang di stasiun televisi publik memiliki rating mencapai puluhan, sementara untuk di TV Cable, angka 5 – 10% sudah bisa dibilang sukses, mengingat enggak semua warga bisa mengakses stasiun TV ini.

Goblin dan Descendants of The Sun menjadi drama yang sukses menuai rating tinggi. Selain Goblin dan Descendants of the Sun, ini 6 drama Korea lain yang sukses memecahkan rekor rating trtinggi.

(Lihat di sini drama Korea yang berumur sepuluh tahun di 2017 ini)

Goblin menjadi salah satu drama paling sukses. Tayang di TvN, drama ini meraih rating tinggi di banyak episode.

Di episode 9, Goblin meraih 13.6%, di episode 11 meningkat jadi 15%. Di episode terakhir meraih rating 18.6% dan jadi salah satu drama dengan rating tertinggi di TV Cable.

Drama ini berhasil menorehkan rekor sebagai drama dengan rating tertinggi sepanjang masa di Korea. Di episode terakhir, drama ini berhasil meraih angka 44.2% di Seoul dan 41.6% di seluruh negeri.

Bahkan, episode pertamanya aja sudah mencapai rating 14.3%, padahal untuk bisa mendapat rating lebih dari 10 saja termasuk sukses.

Descendants of The Sun pun menjadi drama pertama yang berhasil meraih lebih dari 30% sejak tahun 2012, yang diperoleh oleh drama The Moon Embracing the Sun.