Wajib Tahu, Ini 5 Tips Aman Naik Kereta Commuter Line untuk Cewek!

By Debora Gracia, Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:26 WIB
Wajib Tahu, Ini 5 Tips Aman Naik Kereta Commuter Line untuk Cewek! (Debora Gracia)

Kereta Commuter Line atau sering disebut KRL Jabodetabek adalah salah satu pilihan transportasi yang praktis, murah, dan banyak diminati oleh masyarakat.

Seluruh lapisan masyarakat, mulai dari yang berpergian untuk sekolah, kuliah, atau pun kerja pasti akrab dengan transportasi satu ini. Tapi namanya transportasi umum, waspada terhadap segala situasi kejahatan itu wajib.

Sebagai cewek, kita memang perlu berhati-hati saat naik kereta Commuter Line agar jangan sampai terjadi pelecehan di transportasi umum. Ini 5 tips aman naik kereta Commuter Line untuk cewek.

Setiap kereta Commuter Line mempunyai gerbong kereta di bagian paling depan dan belakang yang khusus untuk penumpang cewek. Paling aman memang kita selalu berada dalam gerbong ini setiap naik KRL. Tapi harus bersiap-siap dalam segala situasi, misalkan saling berdesak-desakkan bahkan mendorong satu sama lain.

Selalu perhatikan juga barang bawaan kita, untuk menghindari copet atau barang yang jatuh. Sebaiknya hindari menaruh barang berharga seperti smartphone atau dompet di kantong celana.

Kalau pun situasi enggak memungkinkan kita untuk naik kereta gerbong cewek dan harus naik ke gerbong campuran, selalu waspada, ya, girls! Selalu perhatikan penumpang di sisi kanan dan kiri kita, kalau bisa duduk atau berdiri di samping penumpang cewek juga.

Sering terjadi kita tertidur di KRL, tapi harus berhati-hati karena dalam keadaan enggak sadar, kesempatan untuk orang lain berbuat jahat itu tetap ada.

Ketika penumpang kereta yang berada di dekat kita sudah menunjukkan gerakan tubuh yang bikin kita enggak nyaman, jangan diam di tempat. Segera pindah ke gerbong yang lain, kalau bisa jangan sampai lagi ketahuan penumpang tersebut.

Tapi kalau misalkan keadaan kereta lagi ramai banget, kita bisa meminta tukar tempat dengan penumpang yang lain. Atau jujur bilang pada penumpang lain tentang keadaan sebenarnya. Intinya, jangan berdiam di tempat.