Redaksi Cewekbanget.id Sehari Menjadi Cleaning Service Lippo Mall Kemang

By Debora Gracia, Kamis, 22 Juni 2017 | 08:03 WIB
Redaksi Cewekbanget.id Sehari Menjadi Cleaning Service Lippo Mall Kemang (Debora Gracia)

Apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar kata ‘cleaning service’?

Sebuah pekerjaan yang pasti sering kita temukan di mana pun, terutama di tempat-tempat umum seperti di Mall.

Pekerjaannya terlihat sederhana, hanya membersihkan dan memastikan semua sudut tempat selalu rapi. Sehingga mungkin terkadang kita sering meremehkannya.

Berbeda keadaannya kalau kita merasakan langsung berada pada posisi mereka.

Redaksi cewekbanget.id mencoba berbagai jenis pekerjaan yang selama ini mungkin sering kita temui, tapi enggak sadar besar manfaatnya. Salah satunya adalah pekerjaan sebagai cleaning service.

(Baca juga: Redaksi Cewekbanget.id Sehari Menjadi Petugas PPSU (Petugas Oranye))

Selasa, 13 Juni 2017, saya, Debora Gracia, creative writer cewekbanget.id mencoba sehari menjadi cleaning service di area Avenue of the Stars atau yang biasa disingkat AOS, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Area AOS diisi dengan berbagai pilihan restoran di sekelilingnya dan bagian tengahnya ada tempat untuk bersantai yang enggak hanya cocok untuk makan bersama tapi juga nongkrong asik.

Pagi hari ketika sampai di sana, saya bertemu dengan Pak Saefudin, selaku housekeeping supervisor dan Pak Evan, selaku cleaning service supervisor yang menjelaskan pekerjaan yang harus saya lakukan.

Menurut Pak Saefudin, area AOS lebih sering ramai mulai dari siang hingga malam hari. Karena saat ini bulan puasa, maka waktu-waktu menjelang buka puasa selalu dipadati pengunjung.

Tugas cleaning service untuk area AOS mencakup membersihkan meja yang sering ditinggalkan sampah oleh pengunjung, mengelap meja, mengganti sarung bantal yang terdapat pada sofa, menyapu bila ada sampah yang berserakan di sekitar kursi atau sofa, serta membuang seluruh sampah ke tempat penampungan yang sudah tersedia.