Lakukan 3 Cara Ini Biar Kita Enggak Ikutan Jadi Pelaku Cyberbullying

By Ifnur Hikmah, Jumat, 1 Juni 2018 | 04:15 WIB
foto: photobucket.com (Ifnur Hikmah)

Sebagai netizen, kita memang tanpa sadar mungkin beberapa kali jadi pelaku cyberbullying lewat postingan, comment, atau lelucon kita.

Di saat temen yang lain menganggap hanya hiburan dan candaan, mungkin ada netizen lain yang tersinggung dan secara tidak langsung dia jadi korban cyberbullying.

Karena itu, harus lebih hati-hati, nih.

Lakukan 3 cara ini biar kita enggak ikutan jadi pelaku cyberbullying.

(1 dari 8 orang Indonesia pernah jadi korban cyberbullying. Lihat di sini kenapa hal itu bisa terjadi)

Hal ini sering banget dilakukan tanpa kita sadari.

Misalnya ada viral video bullying yang menampilkan ejekan terhadap cewek berkacamata, kita mungkin akan comment “Eh kasihan benget itu cewek cupu dibully”.

Kita enggak sadar bahwa menyebut cewek berkacamata di dalam video tersebut dengan julukan ‘cupu’ berarti kita sudah melakukan cyberbullying.

Kalau korban bullying di dalam video melihat comment kita, dia mungkin akan berpikir “Oh aku cupu ya, makanya di-bully”, maka korban akan menjadi tidak percaya diri dan semakin tertekan karena setelah video dia tersebar, comment di video yang seharusnya membela dia justru semakin menyudutkan.

Yang terjadi selanjutnya mungkin tidak hanya korban bullying yang ada di video saja yang tersinggung, tapi semua cewek berkacamata juga tersinggung.

(Lihat di sini tindakan negara-negara di dunia dalam menanggapi tindakan bullying dan kekerasan dis ekolah)