5 Cara Menanggapi Senior yang Sepertinya Tidak Menyukai Kita di Sekolah

By Ifnur Hikmah, Minggu, 23 Juli 2017 | 12:15 WIB
5 cara menanggapi senior yang sepertinya tidak menyukai kita di sekolah. (Ifnur Hikmah)

Sebagai siswa yang baru masuk sekolah dan ingin memulai adapatasi di lingkungan baru pasti kita ingin bisa merasa nyaman. Namun terkadang ada saja hal yang tidak sesuai ekspektasi dan mengganggu kenyamanan di sekolah.

Kita mungkin pernah merasakan tindakan senioritas dari kakak kelas, baik dalam bentuk tindakan atau ucapan sehingga kita merasa mungkin ada yang enggak suka sama kita. Berikut 5 cara menanggapi senior yang sepertinya tidak menyukai kita di sekolah.

Sejak awal memasuki dunia baru dan bertemu orang baru, kita harus sudah memiliki kepercayaan diri yang kuat. Sama halnya saat bertemu dengan senior di sekolah, kita harus menunjukkan rasa percaya diri agar tidak terlihat sebagai objek yang mudah diganggu.

Bersikap seperti ini tidak menghilangkan rasa respect kita ke senior. Kita harus tetap menghormatinya sebagai kakak kelas, tapi tidak menurunkan rasa percaya diri kita saat bertemu dengannya.

Ada beberapa senior yang suka iseng dengan mengajak kita berbicara hanya untuk menunjukkan senioritas sekaligus sebagai ancaman agar takut terhadapnya. Pada momen inilah sebaiknya kita tidak minder saat berbicara dengannya, namun jangan sampai memancing amarah mereka.

Apalagi kalau kita diajak untuk bertemu di belakang sekolah ataupun tempat sepi, sebaiknya dari awal jangan diiyakan. Bisa diakali dengan mengajaknya bicara di kantin atau tempat ramai, dan ajaklah teman kita untuk menemani. Sikap ini bisa menghindari kita dari ancaman bullying.

Ini penting dan harus selalu kita lakukan. Kita harus tetap menjaga diri kita untuk tidak terpancing sikap atau sindiran senior.

Jangan sampai emosi mengalahkan kesabaran yang selalu kita jaga.

Selain itu, jangan menyebarkan kebencian kepada senior kita lewat cerita kepada teman-teman atau menuliskan hal negatif di media sosial.