Kisah Inspiratif Adelina, Pegawai Pemerintah dari Desa Fatulunu, NTT

By Indra Pramesti, Rabu, 2 Agustus 2017 | 00:15 WIB
Adelina, Nikita dan Yosefa di Talkshow Interaktif Buku Foto 'Yang Terbit Bersama Matahari' (Indra Pramesti)

Adelina (22) adalah salah satu perempuan muda Nusa Tenggara Timur yang berbagi kisah di buku foto 'Yang Terbit Bersama Matahari: Kisah Perempuan Muda NTT Menuju Kesetaraan'. 

Adelina adalah seorang pemimpin dari Fatulunu, Timor Tengah Selatan - Timor. Di umurnya yang belia, Adelina sudah menjabar sebagai KAUR (Kepala Urusan) Desa tempatnya tinggal.

Ini dia kisah inspiratif Adelina!  

(Baca juga di sini: Bikin Peduli Terhadap Kesetaraan Gender, Pesan dari Peluncuran Buku dan Pameran Foto 'Yang Terbit Bersama Matahari' )

Melihat banyaknya pemuda berpotensi tanpa pekerjaan dan berlimpahnya lahan tidur, Adelina merasa prihatin dan mulai melakukan perubahan dalam bentuk mengembangkan kelompok tani.

PLAN International Indonesia memberi bekal berupa pengetahuan tentang proyek Greenskill, yang ia aplikasikan sambil merangkul para pemuda di sekitarnya untuk memanfaatkan lahan yang ada.

Adelina mengaku, memperoleh lahan untuk menanam sayur pun dirasa susah karena di kampung, tanah dimiliki oleh segelintir laki-laki yang secara adat memgang posisi penting, sisanya hanya berhak menggarap setelah diizinkan oleh mereka.

Sekalipun begitu, cibiran dan ejekan sempat dialami Adelina, "Dapat berapa dari tanam sayur, pergi rantau bisa dapat lima ratus ribu." 

Tapi pada akhirnya, para orangtua itu kemudian meminta anaknya untuk bergabung ke kelompok cocok-tanam milik Adelina.

Hasil panen sayur dijual ke desa tetangga dengan cara memikul dalam ember dan berjalan sejauh 2-3 km.

"Kalau kita gengsi, kita tidak dapat uang." tuturnya.