Baru Pertama Kali Ngekost Saat Kuliah? Ikuti 4 Cara Mudah Beradaptasi Ini

By Ifnur Hikmah, Rabu, 29 November 2017 | 12:30 WIB
Buat yang baru pertama kali ngekost saat kuliah, ikuti 4 cara mudah beradaptasi ini (Ifnur Hikmah)

Memasuki dunia perkuliahan sudah bisa dikatakan kita menjadi pribadi yang dewasa. Tidak sedikit dari mahasiswa baru yang menjadi anak rantau karena mendapat kampus yang lokasinya jauh dari rumah kita.

Saat menjadi anak rantau, hal pertama harus kita lakukan adalah mencari tempat tinggal kost yang nyaman dan dekat dengan kampus. Setelah mendapat tempat yang cocok, selanjutnya kita harus mulai beradaptasi dengan lingkungan baru.

Buat yang baru pertama kali ngekost saat kuliah, ikuti 4 cara mudah beradaptasi ini.

Layaknya pindahan rumah, ngekost pun kita juga harus mulai berkenalan dengan orang-orang di sekitar tempat kost. Dimulai dari ibu kost, teman satu kost, dan warga sekitar tempat kost.

Kita juga harus mulai akrab dengan ibu pemilik warung kelontong dan warung makan karena merekalah orang-orang yang akan kita temui tiap hari.

Kita harus bisa menghapal jalan dari tempat kost ke kampus dan juga tempat-tempat penting seperti minimarket, warnet, tempat fotocopy, hingga rumah sakit.

Karena menjadi anak kost dituntut untuk mandiri, makanya kita tidak bisa selalu meminta tolong orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kalau dalam satu kamar hanya kita sendiri, tidak masalah jika kamar berantakan. Tapi kalau memiliki roommate, maka kita harus bisa menata kamar kost senyaman mungkin bagi semua orang yang tinggal di sana.

Bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan sederhana seperti merapikan tempat tidur, meletakkan pakaian kotor di bak dan ditutup rapi, juga membersihkan sisa-sisa makanan dan segera mencuci piring.