Hati-hati! 5 Jenis Sepatu dan Sandal Ini Berbahaya Buat Kaki kita!

By Indra Pramesti, Minggu, 22 Oktober 2017 | 11:30 WIB
5 Jenis Sepatu / Sandal yang Berbahaya Buat Kaki Kita (Indra Pramesti)

Memakai alas kaki memang tidak boleh sembarangan girls. Ternyata ada beberapa alas kaki yang cukup berbahaya kalau kita pakai terlalu lama.

Bukan berarti harus menghindari pemakaian alas kaki tersebut, tapi kita perlu tahu kapan harus berhenti memakainya.

Nah, ini dia 5 jenis sepatu yang berbahaya jika kita pakai dalam jangka waktu terlalu lama.

(Baca juga di sini: 8 Simple Hairstyle dengan Jepit Rambut Ala Seleb Kpop Buat Gaya Sehari-hari )

Memakai high heels setinggi 7-10 centimeter bisa berdampak terjadinya pergeseran sendi pada kaki, pinggul, dan punggung. 

Pemakaian yang terus menerus dapat menipiskan dan memendekkan tendon Achilles, yakni bagian kaki yang menyambungkan antara betis dengan tumit. Nah, tendon Achilles yang pendek dan tipis ini dapat mengakibatkan kesakitan saat kita menggunakan flat shoes.

Hak tinggi pada sepatu juga menyebabkan tekanan pada bantalan jari kaki sehingga pemakaian dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan calluses atau bagian telapak kaki yang mengeras dan menebal.

Stilettoes termasuk jenis high heels dengan ujung yang runcing. Penempatan jari kaki yang menyempit di bagian ujung sepatu mengakibatkan pembengkakan pada jari kaki. 

Pemakaian yang terus-menerus membuat jari kaki berkontraksi, yang pada akhirnya bisa berdampak jari kaki yang saling bertumpuk satu sama lain akibat ujung sepatu yang sempit. Kondisi tersebut dinamakan hammertoe, yang membutuhkan pemeriksaan medis untuk penyembuhannya.