6 Alasan Kenapa Najwa Shihab Adalah Sosok Role Model

By Indra Pramesti, Rabu, 9 Agustus 2017 | 05:00 WIB
6 Alasan Kenapa Najwa Shihab Adalah Sosok Role Model (Indra Pramesti)

Tidak sedikit yang mengenal sosok ini lewat pertanyaan-pertanyaannya yang kritis  di wawancara yang ia lakukan bersama tokoh-tokoh ternama. Yap, Najwa Shihab, adalah salah satu sosok yang patut kita jadikan role model.

Ini dia alasan kenapa Najwa Shihab adalah sosok role model!

(Baca juga di sini: )

Najwa Shihab lahir di keluarga yang agamis dan berpendidikan. Sewaktu muda, Najwa menempuh pendidikan berbasis agama sejak SD hingga SMP, sementara jenjang selanjutnya, Najwa menempuh pendidikan berbasis umum.

Sewaktu SMA, Najwa Shihab pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke Amerika lewat program AFS yang dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya. Selanjutnya, gelar sarjananya ia dapatkan di Universitas Indonesia, Fakultas Hukum.

Najwa Shihab juga dikenal sebagai pribadi yang gemar membaca. Setiap pagi ia selalu menyempatkan waku untuk membaca buku. Bahkan di wallpaper HP, ia memasang quotes yang selalu mengingatkannya untuk membaca.

Kecintaannya tehadap literasi dan kepustakaan menjadikannya diangkat sebagai Duta Baca Nasional yang bekerja mempromosikan budaya membaca ke seluruh pelosok negeri.

Baru-baru ini Najwa juga berkolaborasi dengan putera pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, untuk membangun Pojok Baca di warung martabaknya sebagai bentuk promosi budaya membaca.   

Lewat liputan-liputannya, bisa dibilang Najwa Shihab termausk sosok yang pemberani. Salah satu yang menunjukkan keberaniannya sebagai seorang jurnalis adalah ketika di tahun 2004, Najwa meliput siaran langsung mengenai tragedi Tsunami di Aceh.