Waspada Jenis Diet Berbahaya yang Dijalani Seleb Korea

By Indra Pramesti, Minggu, 18 Maret 2018 | 14:00 WIB
Waspada Jenis Diet Berbahaya yang Dijalani Seleb Korea (Indra Pramesti)

Menjadi seorang public figure seringkali dituntut untuk berpenampilan sempurna sesuai dengan standard yang berkembang di masyarakat, seperti kulit putih, atau tubuh langsing.

Padahal untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal tersebut, banyak banget pengorbanan yang mereka lakukan. Termasuk salah satunya adalah melakukan diet hingga kelaparan yang berakibat membahayakan tubuh.

Biar kita enggak ikut membahayakan diri sendiri akibat ikut-ikutan pengin jadi langsing tapi enggak sehat, ini jenis diet berbahaya yang dijalani seleb Korea.

(Baca juga: 10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Penyakit Maag)

Jenis diet ini mengharuskan seseorang untuk makan satu kali dalam sehari. Seleb Kpop seperti ex-SISTAR Soyu, BROWN EYE GIRLS Ga In, dan SECRET Hyosung termasuk yang mengikuti tren diet ini.

Dilansir dari prevention.com, jenis diet ini memang meningkatkan sesitifitas insulin dan mampu menurunkan berat badan, hanya saja dampak negatif yang ditimbulkan pun cukup banyak.

Dengan perut kosong untuk waktu yang cukup lama, sesorang gampang terkena sakit kepala, pening, mood yang tidak terkontrol, dan brain fog atau kondisi seseorang tidak dapat berkonsentrasi penuh. 

Three meals a day terdengar seperti cara makan normal yang sering kita lakukan setiap hari. Memang benar, namun menu dan jumlahnya pun dipilih tidak sembarangan.

Misalnya, satu buah apel untuk sarapan, ubi untuk makan siang, dan susu protein di malam hari. Penyanyi sekelas IU memilih diet ini untuk menjaga tubuhnya tetap langsing, meskipun banyak fans yang mengkhawatirkan kondisinya.

Jenis diet ini dianggap berbahaya karena seseorang dapat kekurangan karbohidrat, lemak, dan unsur penambah energi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.