Nadira Irdiana, Cewek Inspiratif yang Jadi Gender Advisor di Usia Muda

By Indra Pramesti, Rabu, 16 Agustus 2017 | 00:30 WIB
Nadira Irdiana, Cewek Inspiratif yang Jadi Gender Advisor di Usia Muda (Indra Pramesti)

Kesetaraan gender adalah salah satu dari banyak isu sosial yang belakangan sering didengungkan di berbagai kesempatan. Peran anak muda diharapkan erus mengalr sebgai bentuk dukungan terhadap isu tersebut.

Cewek keren yang satu ini mampu menyuarakan aspirasinya terhadap kesetaraan gender di usia muda sebagai seorang gender advisor.

Yuk simak wawancara cewekbanget dengan Nadira Irdiana.

(Baca juga di sini: Bikin Peduli Terhadap Kesetaraan Gender, Pesan dari Peluncuran Buku dan Pameran Foto 'Yang Terbit Bersama Matahari'

Nadira Irdiana (27), atau lebih akrab dipanggil Nadira adalah seorang gender advisor di PLAN International Indonesia. PLAN International adalah sebuah organisasi pengembangan masyarakat dan kemanusiaan internasional yang berpusat pada anak dan tidak berafiliasi pada agama, politik, dan pemerintahan.

Nadira mengaku sejak kecil dirinya iingin menjadi penulis novel, tapi seiring dengan berjalannya waktu, ia juga ingin bekerja untuk sektor pembangunan atau kebijakan luar negeri.

Keinginan itulah yang mendorong Nadira untuk kuliah S1 di Middlesex University di London dengan jurusan Politik Internasional dan S2 Hubungan Internasional di University of Groningen (Belanda) dengan konsentrasi Pemerintahan Global.

Beruntungnya, orang tua selalu mendukung pilihannya sejak kecil hingga sekarang un kebebasan tentang pekerjaan pun terus di dapatkannya dari pihak keluarga.

“Ayah saya juga mendorong anak perempuannya untuk menggapai cita-cita setinggi-tingginya dan tidak membatasi saya ntuk fokus di pekerjaan rumah,” tutur cewek yang punya hobi travelling ini.

Nadira mengaku keikutsertaannya pada beberapa organisasi bermanfaat baginya dalam mengaplikasikan banyak hal pada saat ia bekerja. Organisasi yang sempat ia ikuti semasa kuliah adalah Amnesty International (hak asasi manusia) dan Raise and Give (fundraising untuk banyak NGO).