7 Cara Menjaga Kebersihan Vagina Untuk Mencegah Kanker Serviks

By Jana Miani, Minggu, 27 Mei 2018 | 08:15 WIB
Yuk, jaga kebersihan vagina! (Jana Miani)

Kanker serviks merupakan tumor ganas yang menyerang bagian mulut rahim. Penyakit ini disebabkan oleh virus HPV yang bisa masuk ke tubuh manusia melalui hubungan seksual.

Salah satu cara mencegah terserangnya penyakit ini yaitu dengan vaksinasi HPV. Selain itu menurut dr. Mery Sulastri, kita harus selalu menjaga kebersihan vagina. Yuk lakukan 7 cara menjaga kebersihan vagina ini untuk mencegah kanker serviks.

(Lihat juga di sini Sebelum Diciptakan Pembalut, Cewek Menstruasi Pakai Apa Ya?)

Membersihkan vagina yang benar

Saat membersihkan vagina, cebok satu arah dari depan ke belakang dan enggak balik ke belakang, supaya bakteri di daerah anus enggak berpindah ke area kemaluan.

Menggunakan handuk atau tisu sekali pakai

Setelah membersihkan vagina dengan air, kita harus mengeringkan daerah vagina agar tidak lembap. Jika vagina lembap maka risiko infeksi semakin meningkat.

Cuci tangan menggunakan sabun sebelum membersihkan vagina

Pastikan tangan selalu bersih saat membersihkan vagina, karena vagina merupakan area sensitif yang mudah terserang bakteri dan penyakit.

7 Letak Jerawat Ternyata Bisa Mendeteksi Kesehatan Kita, Lho!)

Jangan menukarkan handuk dan celana dalam dengan orang lain.

Sangat tidak dianjurkan memakai handuk dan celana dalam bergantian dengan orang lain. Karena virus dan bakteri akan lebih mudah menyebar dan menyerang tubuh kita.