7 Fakta Tentang Vagina Berikut Wajib Kita Ketahui

By Indra Pramesti, Minggu, 8 Oktober 2017 | 05:05 WIB
7 Fakta Tentang Vagina Berikut Wajib Kita Ketahui (Indra Pramesti)

Sebagai seorang cewek, mengetahui seluk beluk tentang vagina dianggap penting agar kita bisa menjaga dan merawat bagian tersebut dengan benar.

Sebelumnya, kita juga wajib tahu 7 fakta tentang vagina. Yuk disimak!

Sebelum masa pubertas, area genital laki-laki dan perempuan sudah memiliki rambut vellus, yakni rambut halus yang tidak berwarna.

Saat mulai memasuki masa pubertas, hormon androgen akan meningkat dan mengakibatkan kulit pada daerah kelamin mulai memproduksi rambut hingga rambut kemaluan menjadi lebih tebal dan seringkali tumbuh keriting.

Dilansir dari grid.id, berdasarkan penelitian perkumpulan dokter anak di University of South Alabama dalam Journal Clinical Pediatrics, tingkat pertumbuhan rambut terjadi lebih cepat selama beberapa tahun yang dinamakan sebagai pubarche.

Pada cewek, pertumbuhan rambut ini pertama kali muncul di bagian vulva dan secara perlahan menyebar ke mons (bagian atas vagina), dan bibir vagina, serta berbentuk segitiga terbalik.

Ternyata warna pada rambut kemaluan juga memiliki variasi. Pada kebanyakan orang, warnanya bisa lebih gelap, meski tidak menutup kemungkinan bisa lebih terang. Pada cewek, umumnya warna rambut kemaluan sama sepert warna alis.

Tekstur dari rambut kemaluan juga seringkali kasar, namun ada juga yang lebih halus. Warna dan tekstur pada rambut kemaluan ini berbeda-beda menurut ras dan etnis.

Banyak yang mengatakan bahwa kita tidak boleh mencukur rambut kemaluan karena pori-pori pada bagian tersebut akan terbuka dan dapat menyebabkan masuknya kuman atau jamur.