Seminggu Berlangsung, 5 Kontroversi Ini Terjadi di SEA Games 2017

By Putri Saraswati, Senin, 21 Agustus 2017 | 03:58 WIB
Seminggu Berlangsung, 5 Kontroversi Ini Terjadi di SEA Games 2017 (Putri Saraswati)

Ajang olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia dibuka secara resmi pada tanggal 19 Agustus.

Seminggu berlangsung, event internasional 2 tahunan ini diwarnai oleh beberapa permasalahan yang membuat geram banyak pihak. 

Seenggaknya 4 dari 5 permasalahan yang terjadi, menimpa kontingen Indonesia.

Seminggu Berlangsung, 5 Kontroversi Ini Terjadi di SEA Games 2017

Insiden pertama terjadi tepat saat acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (19/8). Dalam buku panduan SEA Games yang dibagian kepada para tamu undangan, gambar bendera Indonesia ditampilkan terbalik pada bagian informasi mengenai negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. 

Informasi ini pertama kali disebarkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, lewat cuitannya di Twitter. 

" >

 Selain pada buku panduan, gambar bendera Indonesia terbalik juga dimuat dalam surat kabar harian Malaysia, "Metro", pada kolom tentang SEA Games 2017.

Pemerintah Malaysia melalui Kemterian Pemuda dan Olahraga akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi permohonan maaf kepada Indonesia. Pernyataan resmi tersebut dikeluarkan pada 19 Agustus 2017 oleh Malaysia SEA Games Organising Committee (MASOC).

Belum selesai soal terbaliknya bendera Indonesia, insiden lain muncul. Pada informasi grafis yang berisi daftar pencetak gol terbanyak saat pertandingan sepakbola di SEA Games 2017, terpampang nama pemain Indonesia, Septian David, di urutan ke-4. \

Tapi, ada kesalahan di penulisan nama menjadi "Septain David" dan bendera yang terpampang justru bendera nasional Singapura.