6 Hal yang Perlu Kita Perhatikan dalam Memilih Teman Curhat

By Indah Permata Sari, Senin, 21 Agustus 2017 | 12:00 WIB
6 Hal yang Perlu Kita Perhatikan Dalam Memilih Teman Curhat (Indah Permata Sari)

Setiap orang butuh orang lain sebagai teman curhat untuk bisa mendengarkan masalah dan keluh kesah yang sedang dihadapi. Ada banyak orang yang bisa kita jadikan teman curhat, seperti kakak, sahabat, teman atau pacar. Tapi, sebaiknya kita enggak sembarangan dalam memilih teman curhat, karena curhatan kita bersifat pribadi. Penting bagi kita untuk mengetahui hal yang perlu diperhatikan dalam memilih teman curhat.

Kita harus yakin bahwa teman curhat kita ini adalah orang yang bisa kita percaya. Untuk mendapatkan rasa percaya terhadap orang lain memang enggak mudah, karena itu jika kita memang sudah percaya sama orang maka enggak masalah bagi kita untuk menjadikan dia teman curhat.

(Baca juga: )

Sebaiknya kita enggak menjadikan orang yang baru kita kenal sebagai teman curhat. Karena kita belum melihat sisi asli dari orang itu, dan enggak terlihat apakah dia orang yang bisa kita percaya atau enggak. Kita harus memilih teman curhat yang memang sudah kita kenal lama dan sudah mengerahui sifat asli dia, dengan begitu kita juga bisa menentukan apakah orang tersebut bisa dipercaya atau enggak.

Isi hati manusia memang hanya dia dan Tuhan yang tahu, karena itu kita enggak bisa mengetahui ada orang yang merasa dendam dengan kita atau enggak. Misalnya kita pernah memiliki masalah dengan salah satu teman kita, lalu masalah itu sudah diselesaikan dan sekarang kita jadi berteman dengan dia. Sebaiknya kita enggak menjadikan dia teman curhat sebelum yakin seratus persen kalau dia memang menganggap kita sebagai sahabat. Berhubungan baik itu penting, tapi untuk memberikan kepercayaan kepada dia mungkin kita harus lebih memikirkannya lagi.

Walaupun dia adalah sahabat kita sendiri, tapi jika memang kita ketahui dia senang menggosipkan orang lain maka sebaiknya kita engak menjadikan dia teman curhat. Karena curahan hati bersifat sensitif maka sebaiknya memang memilih orang yang enggak suka menggosipkan orang lain untuk dijadikan teman curhat.

(Baca juga: )