Jaga Kesehatan Vagina dengan Makan 9 Makanan Sehat Ini!

By Indra Pramesti, Minggu, 28 Januari 2018 | 10:05 WIB
Jaga Kesehatan Vagina dengan Makan 9 Makanan Sehat Ini! (Indra Pramesti)

Apa yang mausk ke dalam tubuh kita akan mempengaruhi kesehatan kita sekarang dan juga di masa depan. Menjaga organ intim agar selalu sehat juga bisa diupayakan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Berikut ini sejumlah makanan yang baik untuk kesehatan vagina kita.

(Baca juga di sini: Harus Tahu! Ini 5 Cara Paling Baik untuk Menjaga Kesehatan Vagina)

Vagina yang sehat ditunjukkan dengan adanya bakteri lactobacillus yakni jenis bakteri yang baik dan dapat membatu tubuh mempertahankan pH sehat. Vagina yang sehat juga tempat yang baik untuk candida. Dua hal utama itu dapat menjauhkan vagina dari pembangunan infeksi jamur vagina.

Mengonsumsi makanan seperti yogurt dapat menjauhkan resiko tersebut karena yogurt termasuk jenis makanan probiotik yang sehat untuk organ intim.

Nyeri haid saat menstruasi disebabkan oleh pelepasan senyawa inflamasi yang disebut prostaglandin yang membantu kontraksi otot rahim.Ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi inflamasi tersebut sehingga mampu meringankan rasa nyeri saat menstruasi.

Tahu dan tempe sebagai dua makanan hasil olahan kacang kedelai, mengandung isovlafins yang berperan seperti ekstrogen. Ekstrogen sendiri berguna untuk menjaga vagina tetap dalam kelembapan yang pas.

Ubi mengandung vitamin A yang mampu memperkuat otot tissue sehingga dapat membentuk dinding vagina yang kuat dan sehat.