Waspada Kosmetik Palsu! Lakukan 7 Cara Ini Agar Enggak Tertipu

By Jana Miani, Sabtu, 26 Agustus 2017 | 14:54 WIB
youtube.com/cosmopolitanph (Jana Miani)

Sekarang ini mudah banget mendapatkan kosmetik di sekitar kita baik online maupun di toko langsung. Tapi banyak juga kosmetik-kosmetik palsu yang beredar di pasaran yang merugikan kita. Sebenarnya seperti apa sih bedanya kosmetik asli dan palsu? Bagaimana cara membedakan kosmetik asli dan palsu?

Berikut ini 7 tips supaya kita enggak tertipu penjual kosmetik palsu.

(Lihat juga di sini 4 Foot Cream di Bawah 80 Ribu yang Bikin Kaki Kita Selalu Mulus!)

Membeli di counter asli

Beli kosmetik atau skincare memang paling aman di toko produknya langsung. Selain dijamin keasliannya, kita juga bisa mencoba produknya secara langsung. Tapi kalau memang ingin membeli secara online pastikan beli di website remis atau situs-situs e-commerce yang terpercaya. Biasanya brand kecantikan juga menjual produknya langsung di situs itu jadi enggak perlu takut barangnya palsu.

Periksa kode BPOM

Di Indonesia ada yang namanya BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Kosmetik yang sudah teruji aman dan asli pasti mendapatkan kode BPOM yang resmi. Kita juga bisa memeriksa kode BPOM di situs resmi cekbpom.pom.go.id supaya lebih yakin.

Periksa sertifikasi halal

Enggak hanya produk makanan, beberapa produk kosmetik juga memiliki sertifikasi halal. Kosmetik yang halal pastinya dibuat dari bahan-bahan yang aman. Namun sayangnya enggak banyak kosmetik dalam negeri apalagi kosmetik impor yang memiliki sertifikasi halal. Supaya lebih aman makanya kita membeli kosmetik yang ada sertifikasi halal dari MUI saja ya girls.

Perhatikan bau dan warna produk

Kosmetik palsu biasanya memiliki aroma kimia yang sangat menyengat. Selain itu, warna dari produknya akan terlihat lebih terang dan enggak natural. Perhatikan juga konsistensi dan tekstur dari kosmetik yang kita beli. Kalau merasa ada yang aneh sebaiknya hentikan pemakaian.

7 Rekomendasi Foot Spray yang Ampuh Menghilangkan Bau Kaki)