Awas, Sering Minum Minuman Bersoda Ternyata Bikin Cepat Tua

By Indra Pramesti, Rabu, 25 Oktober 2017 | 14:15 WIB
Hati-hati, jangan keseringan, ya! (Indra Pramesti)

Udah menjadi kebiasaan kita yang tinggal di negara tropis dengan siang hari yang panas untuk minum minuman dingin dan manis seperti minuman bersoda.

Tapi girls, meski awalnya bisa mengatasi dahaga, minuman bersoda ternyata punya efek buruk untuk tubuh kita. Selain menyebabkan obesitas, penelitian baru mneyebutkan bahwa minuman bersoda dapat menyebabkan kita cepat tua. Yuk simak penjelasan lebih lanjutnya!

Sebuah penelitian dari Univeristy of California-San Fransisco (UCSF), dilansir dari hellosehat.com, menemukan bahwa rutin minum minuman manis bersoda dapat mempercepat penuaan dari sel kekebalan tubuh.. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit kronis.

Prof. Elissa Epel, peneliti dalam penelitian tersebut menambahkan, tidak hanya menyebabkan kurangnya kontrol metabolis gula dalam tubuh, tapi juga dpat mempercepat penuaan sel-sel dalam jaringan tubuh.

(Baca juga: Ternyata, Ini Waktu Olahraga Paling Efektif untuk Menurunkan Berat Badan. Wajib Tahu!)

Hal ini berkaitan dengan panjang telomer (urutan DNA yang berulang yang menutupi ujung kromosom agar tidak berjuntai). Telomer disebut menjadi penanda penuaan sel.

Telomer menjadi lebih pendek setiap kali sel membelah, namun jika terlalu pendek, telomer tersebut akan berhenti membelah dan mati. Itulah mengapa panjang telomer menggambarkan dan bahkan menentukan usia biologis sel. Penelitian dari UCSF membuktikan bahwa partisipan yang megonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak cenderung memiliki telomer yang lebih pendek. Data ini diperoleh dari membandingkan panjang telomer dan konsumsi minuman manis bersoda pada setiap partisipan dalam penelitian tersebut.

(Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis, untuk Kecantikan & Menurunkan Berat Badan)

Beberapa kegiataan yang memperngaruhi pemendekan telomer adalah merokok, diet, ras, jenis kelamin, dan kecepatan sel darah dalam membelah.

Artinya kalau kita pengin hidup sehat dan enggak cepat tua, kita wajib menetapkan pola hidup sehat,dengan diet gizi seimbang, olahraga teratur, mengelola stress, dan tidak merokok