Yuk, Intip Seperti Apa Pekerjaan Seorang PNS. Menantang Banget!

By Indra Pramesti, Senin, 4 Juni 2018 | 14:30 WIB
Yuk, Intip Seperti Apa Pekerjaan Seorang PNS. Seru Banget! (Indra Pramesti)

Menjadi seorang PNS adalah salah satu impian banyak orang. Gaji yang terjamin serta mendapat jaminan pensiun seringkali menjadi alasannya. Tapi terkadang para PNS ini juga harus melawan stigma dari masyarakat yang sering menganggap mereka hanya makan gaji buta. Biar enggak cepat berprasangka dan menuduh, yuk kita intip pekerjaan PNS!

)

Saura Agnes adalah seorang PNS di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov DKI Jakarta. Setelah lolos CPNS di tahun 2014, ia ditempatkan di kantor tersebut dengan jabatan sebagai staf administrasi.

“Di BPBD aku ditempatkan sebagai staf administrasi yang kegiatannya terkait dengan pengarsipan surat masuk dan surat keluar, membuatkan naskah dinas seperti surat tugas, nota tugas dan sebagainya. Pokoknya sejauh urusan yang bersifat administrasi.”

Soal pendapatnya tentang PNS yang mendapat stigma buruk dari masyarakat, Saura mengaku itu adalah hal yang menantang baginya.

“Selama jadi PNS yang paling menantang adalah mengubah paradigma masyarakat kalau kerja PNS itu makan gaji buta alias magabut.

Padahal ya kita beneran kerja, seperti orang-orang kerja kantoran. Kalau memang lembur ya harus lembur, rapat, mengolah data, buat laporan, dan tinjauan lapangan.

Selain itu yang lebih menantang lagi adalah mengubah paradigma tentang PNS yang korupsi. Itu enggak bener. Kita aja nih kalau ketahuan menerima sesuatu dari msyarakat bisa langsung di non aktifkan dari pekerjaan. Gimana mau korupsi?”

Tetta Riyani adalah seorang PNS di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta dan menjabat sebagai Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi.

Tetta yang sebelumnya enggak pernah berpikir akan menjadi PNS ini, akhirnya mengemban tugas melayani masyarakat lewat jabatan yang ia miliki.