Seru dan Menantang. Intip Cerita di Balik Pekerjaan Sebagai Penyiar Radio

By Indra Pramesti, Senin, 11 Desember 2017 | 13:30 WIB
Intip Serunya Kerja Jadi Penyiar Radio Yuk! (Indra Pramesti)

Tahu enggak sih girls, setiap tanggal 11 September diperingati sebagai Hari Radio Nasional. Pasti bangga dong dengan adanya radio di tanah air, apalagi dengan perannya memberikan informasi pada era kemerdekaan.

Nah, buat yang penasaran seperti apa serunya kerja sebagai penyiar radio, cewekbanget udah mewawancarai beberapa penyiar radio yang eksis di radio-radio nasional.

Yuk kenalan dan intip serunya kerja jadi penyiar radio!

(Baca juga di sini: )

Kenny Djafar adalah seorang penyiar di Radio Prambors. Sebagai seorang  single DJ, Kenny harus dituntut mampu melakukan apa pun sendiri saat siaran. Mulai dari memutarkan lagu, mencari info hingga mengoperasikan alat di studio.

Menurutnya, menjadi seorang penyiar radio punya hal lucu dan berkesan, bahkan kadang mengharukan.

“Dulu gue pernah pas lagi siaran jam 8 sampe jam 12 malem weekend, gue putus sama mantan gue waktu itu. Tapi namanya jadi penyiar, kita enggak boleh kelihatan kalau kita lagi sedih, jadi walaupun habis nangis-nangis gue harus tetep smiling voice, harus senyum, harus kelihatan kayak tegar dan kayak enggak ada apa-apa, kayak gue lagi have a good mood and have a good day.”

Selain pengalaman yang berkesan, menjadi penyiar radio juga membuat Kenny mendapat privilege saat nonton konser musik. Kenny juga sempat ke luar negeri untuk nonton konser, dan interview artis seperti ke Malaysia untuk nonton konser Ed Sheeran, atau ke Barcelona untuk konser Justin Bieber.

Soal tantangan menjadi penyiar radio, Kenny menjawab saat harus ngomong sendiri di studio siaran.

“Lo harus menggambarkan sesuatu dengan suara dan penjelasan. Kalau penjelasan lo kurang tepat dan enggak bisa dibayangin, ya pendengar lo enggak dapet apa-apa dan lo bakal kelihatan kayak penyiar yang kurang cerdas. Termasuk juga menjaga mood dan harus professional.”

Selain menjadi penyiar radio, Kenny juga bekerja sebagai host di TV swasta untuk acara musik dan travelling.