Penting Untuk Kita Tahu, Fakta Tentang Penyakit Katarak dan Cara Mencegahnya

By Indra Pramesti, Selasa, 12 September 2017 | 06:50 WIB
Penting Untuk Kita Tahu, Fakta Tentang Penyakit Katarak dan Cara Mencegahnya (Indra Pramesti)

Selain rabun mata, ada jenis penyakit pada mata yang perlu kita waspadai, yakni katarak.

Katarak adalah keadaan di mana lensa mata menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya. Kondisi keruh pada mata pun bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai buram total.

Meski sering dikenal sebagai penyakit untuk manula, ternyata penyakit katarak juga bisa menimpa anak-anak bahkan remaja.

Sebagai pencegahan, penting untuk kita tahu fakta tentang penyakit katrak dan cara mencegahnya.

(Baca juga: )

Penyakit yang menyerang oragn mata ini bisa terjadi pada salah satu mata atau dua mata sekaligus. Laki-laki dan perempuan bisa terkena katarak. Penderita katarak akan memiliki kualitas pandangan mata yang kabur dan akan semakin parah kalau tidak diobati.

Biasanya terjadi pada bayi setelah lahir atau sesaat setelah lahir. Parahnya, kondisi ini juga bisa berkembang untuk anak-anak bahkan hingga remaja. Jenis katarak ini disebabkan karena kelainan kromosom dari orangtua yang menyebabkan katarak kecil dan berkembang menjadi lebih luas.

Pada awalnya penderita katarak jenis ini masih bisa melihat dengan bantuan kacamata dan cahaya yang lebih terang. Namun katarak ini bisa berkembang lebih cepat dan menyebabkan gangguan penglihatan parah.