5 Hal Aneh yang Bisa Terjadi Pada Vagina Kita. Enggak Semuanya Berbahaya, Kok!

By Indra Pramesti, Selasa, 8 Mei 2018 | 08:30 WIB
Enggak semuanya berbahaya, girls. (Indra Pramesti)

Sebagai seorang cewek, penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa terjadi pada organ intim kita. Tujuannya enggak lain adalah supaya kita bisa menjaga dan merawatnya dengan tepat.

Vagina yang kita miliki dapat mengalami hal-hal aneh seperti tumbuhnya bentolan atau baunya yang bisa berubah.

Yuk telusuri hal-hal aneh apa saja yang bisa terjadi pada vagina kita.

(Baca juga: )

Folliculitis adalah muncul bentolan berwarna merah di vagina akibat iritasi pada rambut folikel vagina. Folliculitis adalah hal yang sering terjadi pada bagian tubuh manusia yang memiliki rambut.

Biasanya bentolan ini akan muncul usai mencukur bulu vagina, setelah berendam di air panas, atau memakai bahan celana dalam yang salah.

Vaginal folliculitis akan terjadi di sekitar labia. Meski begitu, bentolan tersebut bisa dikatakan tidak berbahaya.

Bentolan bisa dihilangkan dengan kompres air hangat yang dicampur garam atau dengan bantuan medicated shampoo. Namun jangan ragu untuk memeriksaakan ke dokter khusus organ intim untuk diagnosa yang lebih tepat dan jika bentolan tidak lekas hilang.

Kadang benjolan juga bisa muncul di vagina kita. Jenis benjolan yang muncul ini pun bermacam-macam, ada yang tidak memerlukan treatment penyembuhan, ada pula yang yang tidak boleh kita biarkan saja yakni, benjolan berupa infeksi dan kanker kulit.

Untuk menghilangkan benjolan biasa, bisa dengan mandi air hangat beberapa kali dalam sehari, hindari memakai baju yang menyentuh vulva, dan gunakan celana dalam dari bahan serat alami atau katun.