4 Jenis Sikap Empati yang Perlu Kita Ketahui. Kamu Termasuk Jenis yang Mana?

By Indah Permata Sari, Jumat, 1 Juni 2018 | 02:14 WIB
4 Jenis dari Sikap Empati yang Perlu Kita Ketahui. Kamu Termasuk Dominan yang Mana? (Indah Permata Sari)

Manusia enggak bisa hidup sendiri karena ada empati dalam diri manusia. Saat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain, tanpa kita sadari rasa empati selalu muncul.

Dilansir dari laman yourtango.com, secara luas empati itu terbagi menjadi dua jenis yaitu Empati Afektif dan Empati Kognitif.

Jika digabungkan lagi antar filsafat timur dan psikologi barat, maka kita bisa menambahkan dua jenis empati lainnya, yaitu Empati Somatik dan Empati Spiritual.

Ini dia 4 jenis sikap empati yang perlu kita ketahui. Kamu termasuk jenis yang mana?

Empati yang juga dikenal sebagai empati emosional ini adalah kemampuan kita untuk menanggapi keadaan emosional orang lain. Kita yang memiliki sikap Empati Afektif sangat sensitif terhadap enegi lingkungan tempat kita berada hingga sulit mempertahankan batasan kita sendiri.

Jadi, kita sulit membedakan antara emosi kita dengan emosi orang lain, hal ini yang disebut sebagia penularan emosional.

Kita selalu merasa harus membantu orang yang kita temui lagi mengalami kesulitan dan kita selalu berusaha maksimal untuk membantunya menyelesaikan masalah seakan itu adalah masalah kita sendiri.

Hati-hati girls, sikap kita ini kadang bisa membuat orang jahat memiliki niat buruk terhadap kita. Jangan sampai kita jadi mudah dimanfaatkan olehnya.

(Baca juga : )

Empati jenis ini adalah di mana kita bisa menempatkan diri pada posisi lain sehingga bisa memahami berbagai sudut pandang yaitu sudut pandang objektif dan rasional.