6 Penyakit ini Bisa Diprediksi dari Kondisi Tangan Kita

By Indra Pramesti, Minggu, 3 Desember 2017 | 09:00 WIB
Yuk, kenali kondisi tangan kita! Ternyata bisa mengindikasikan penyakit lho! (Indra Pramesti)

Mulai dari panjang jari hingga seberapa kuat genggaman kita, ternyata kondisi tangan tersebut dapat mengindikasikan resiko dari beberapa penyakit.

Yuk, telusuri lebih lanjut, supaya kita bisa lebih peduli dan mengantisipasi dari awal. Ini dia 6 penyakit yang bisa diprediksi dari kondisi tangan kita.

(Baca juga: Bongkar Kepribadian Kita Berdasarkan Hari Kelahiran)

Menurut studi Arthritis & Rheumatism, cewek yang memiliki jari manis yang lebih panjang dari jari telunjuk memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk terserang osteoarthritis pada bagian lutut.

Untuk mencegah resiko terkena arthritis, kita bisa melakukan beberapa cara diantaranya; mengonsumsi makanan yang dapat memperbaiki kondisi pencernaan, melakukan diet inflamatori, yoga atau melakukan olahraga angkat beban, dan mengontrol berat badan.

Tangan yang sering bergetar bisa disebabkan oleh konsumsi kafein yang terlalu berlebihan atau efek samping dari obat asma dan antidepressant.

Tremor yang terjadi pada satu tangan bisa mengindikasikan gejala awal penyakit Parkinson. Tanyakan pada dokter kalau kita mengalami gejala tersebut ya girls.

Dikutip dari Reader’s Digest, ketika peneliti asal India mempelajari tentang 100 pasien dengan penyakit ginjal kronis, mereka menemukan 36% memiliki dua warna kuku, yakni warna putih pada kuku bagian bawah, dan coklat pada kuku bagian atas.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon-hormon tertentu dalam tubuh atau anemia kronis, yang keduanya merupakan gejala dari penyakit ginjal.