Kenali 9 Jenis Cairan yang Bisa Keluar Dari Vagina Kita

By Indra Pramesti, Sabtu, 25 November 2017 | 13:30 WIB
Kenali jenis-jenis cairan yang keluar dari vagina! (Indra Pramesti)

Mengenal organ intim yang miliki jadi sebuah kewajiban buat semua cewek. Tujuannya adalah supaya kita bis amerawat dan mengetahui gejala-gejala tidak wajar yang bisa terjadi pada organ intim ang kita miliki. Semakin cepat kita mengetahui gejala tersebut, semakin cepat pula kita bisa menghindar dari  ancaman-ancaman buruk terhadap kesehatan tubuh.

Selain darah menstruasi, ternyata vagina kita juga bisa mengeluarkan beberapa jenis cairan yang memiliki karakteristik masing-masing. Yuk, kenali 9 jenis cairan yang bisa keluar dari vagina kita.

Cairan ini sering keluar menjelang siklus menstruasi kita. Seringnya, cairan ini bersifat encer dan bersih atau terkadang mirip seperti susu. Selama kita enggak memiliki gejala aneh lain seperti baunya yang terlalu menusuk, maka bisa dipastikan cairan ini masih normal.

Cairan ini sering keluar 14 hari setelah siklus menstruasi. Teksturnya kental dan sedikit lengket mirip seperti cairan putih telur. Keluarnya cairan ini ternyata normal pada waktu siklus menstruasi berlangsung.

Jika kita tidak memiliki gejala lain seperti, baunya yang menusuk, gatal, atau kemerahan pada vagina, mungkin hal ini adalah pertanda siklus menstruasi kita telah selesai. Biasanya cairan ini juga punya warna seperti warna krim atau putih susu.

Wajar dan normal kalau cairan yang sangat kental ini keluar menjelang siklus menstruasi kita berakhir. Atau jika kita mengonsumsi pil KB, cairan seperti ini bisa memiliki tekstur yang lebih kental lagi. Hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi, atau reaksi terhadap sabun baru. Jika cukup mengganggu, kita bisa berkonsultasi ke dokter.

Kalau siklus menstruasi kita baru saja selesai, cairan ini merupakan indikasi dari darah sisa pada siklus datang bulan. Tapi jika mengalami pendarahan yang enggak wajar, kita wajib berkonsultasi ke dokter khusus organ intim. Cairan berwana coklat dan berdarah ini bisa diakibatkan dari adanya infeksi pada vagina atau pun kista.